Menu

Mode Gelap

Daerah · 15 Sep 2019 19:32 WIB ·

Kawasan Hutan Jati  Pasir Putih, Situbondo Terbakar 


					Kobaran api yang membakar kawasan hutan jati di Situbondo. (foto:fat) Perbesar

Kobaran api yang membakar kawasan hutan jati di Situbondo. (foto:fat)

Situbondo,reportasinews.com  – Areal kawasan Hutan jati seluas delapan hektar di petak 37 E1 dan petak 38 C di Dusun Kembang Sambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo terbakar pada Sabtu (14/9/2019) malam.
Selain mengakibatkan daun dan ranting kering di kawasan hutan jati yang masuk wilayah KRPH Bungatan, Kabupaten Situbondo. Namun, peristiwa kebakaran hutan jati tersebut  juga sempat mengakibatkan arus lalu lintas di jalur utama pantura Situbondo sempat terganggu, yakni jalur pantura yang menghubungkan antara Situbondo dengan Probolinggo.
Kepulan asap juga menutupi arus lalu lintas di jalur pantura. Bahkan, kobaran api sempat merembet ke tepi jalan di Jalur Pantura Situbondo. Sehingga para pengendara kendaraan bermotor tidak berani untuk melintas, baik dari arah Situbondo maupun dari arah sebaliknya.
Diperoleh keterangan, peristiwa kebakaran hutan jati yang berlokasi disebelah timur Pantai Wisata Pasir Putih Situbondo tersebut terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. Namun karena saat kejadian angin bertiup sangat kencang, sehingga hanya dalam hitungan menit, kobaran api langsung meluas sejumlah titik,  hingga mengakibatkan  seluas delapan  hektar hutan jati di wilayah KRPH Bungatan, Situbondo terbakar.
Mengetahui kawasan hutan jati Dusun Kembang Sambi, Desa Pasir Putih,  Situbondo di petak 37 dan petak 38 terbakar. Petugas gabungan antara KRPH Bungatan,  Koramil, Polsek Bungatan, petugas Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo, mereka bahu membahu memadamkan kobara api dengan menggunakan alat seadanya.
Namun, karena saat kejadian kebakaran hutan jati seluas delapan hektar lebih  angin bertiup sangat kencang. Sehingga petugas gabungan sempat kewalahan untuk memadamkan kobaran api, yang tersebar disejumlah titik kebakaran, kobaran api yang membakar daun dan ranting kering itu,  baru dapat dipadamkan sekitar pukul 21.30 WIB, setelah dua unit mobil Damkar milik Pemkab Situbondo datang ke lokasi kejadia,
Puryono koordinator Pusdalop BPBD Kabupaten Situbondo mengatakan, pihaknya belum mengetahui secara pasti tentang penyebab kebakaran ranting dan daun kering di kawasan hutan jati di Dusun Kembang Sambi, Desa Pasir Putih tersebut, apakah ada unsur kesengajaan atau unsur lainnya.
“Namun, luas  lahan hutan jati yang terbakar di kawasa hutan milik  KRPH Bungatan, Situbondo diperkirakan sekitar delapan  hektar lebih, kata Puryono.
Menurutnya, meski saat kejadian kebakaran angin bertiup sangat kencang, sehingga kobaran api cepat meluas ke sejumlah titik di petak 37 dan 38 di kawasan jati milik KRPH Bungatan, namun berkat kesigapan petugas gabungan, sehingga kobaran api berhasil dipadamkan sekitar dua jam setelah kejadian.(fat)
Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

LBH Mitra Santri, Gugat Bupati Karna Suswandi ke PN Situbondo

22 Juni 2024 - 20:25 WIB

Viral di Medsos, Siswa SDN 1 Cottok Juara 1 Kid Atletik O2N Situbondo Gagal ke Provinsi

22 Juni 2024 - 18:51 WIB

Dinilai Tuntutannya Rendah, Kuasa Hukum Korban Ancam Laporkan JPU ke Jamwas

21 Juni 2024 - 18:53 WIB

Satu Jamaah Haji Asal Batanghari Meninggal di Mekkah

21 Juni 2024 - 18:46 WIB

PPDB SMPN 8 Kota Madiun Terima Titipan Siswa, Tolak Peserta Luar Kota?

21 Juni 2024 - 16:38 WIB

Dalam Kasus Bank Centris Kemenkeu Menjadi “Pengecut”

21 Juni 2024 - 15:22 WIB

Trending di Hukum