Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 8 Okt 2018 15:35 WIB ·

Kawasan Hutan Jati Seluas 8,3 Hektar Terbakar di Situbondo


					Petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kebakaran hutan jati di  petak 29 B di Dusun Sumberpinang, Desa Lamongan, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo  (foto :fat) Perbesar

Petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kebakaran hutan jati di petak 29 B di Dusun Sumberpinang, Desa Lamongan, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo (foto :fat)

Situbondo,reportasenews.com – Kembali, peristiwa kebakaran  hutan jati  terjadi di Situbondo. Kali ini, kawasan hutan jati petak 29 B di Dusun Sumberpinang, Desa Lamongan, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo yang terbakar, Minggu (7/10/2018).
Tidak tanggung-tanggung,  hutan jati seluas 8,3  hektar lebih, yang berlokasi di petak 29 B KRPH Bayeman, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, yang terbakar sekitar pukul 14.00 WIB.
Diperoleh keterangan, pertama kali peristiwa kebakaran hutan jati itu terjadi pada satu titik, namun karena kebakaran hutan jati tersebut terjadi pada siang hari, sehingga kobaran api langsung membakar ranting dan daun kering di lokasi kejadian.
Bahkan, hanya dalam hitungan menit, kobaran api langsung  menyebar hingga mencapai delapan hektar lebih. Mengetahui ada kebakaran hutan jati, petugas gabungan antara Perhutani, Koramil dan Polsek setempat, yang dibantu puluhan warga, mereka bahu membahu memadamkan kobaran api dengan menggunakan alat seadanya.
Kobaran api yang membakar seluas delapan hektar lebih hutan jati tersebut baru dipadamkan sekitar pukul 15.00 WIB, setelah satu unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemkab Situbondo datang ke lokasi kejadian.
Puryono selaku Koordinator Petugas Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo  membenarkan terjadinya kebakaran di kawasan hutan jati tersebut.
“Kawasan hutan jati yang terbakar seluas 8,3 hektar lebih, sedangkan penyebab kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan, apakah ada sengaja yang membakar atau tidak,”kata Puryono.
Puryono menegaskan, karena dalam beberapa bulan terakhir ini, sering terjadi kebakaran hutan jati dan lahan kosong di Kabupaten Situbondo, sehingga mengantisipasi peristiwa kebakaran tersebut, pihaknya menghimbau kepada warga Situbondo untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan.(fat)
Komentar
Artikel ini telah dibaca 50 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Liburan Lebaran, Polres Situbondo Siagakan Kapal Patroli di Wisata Pantai

13 April 2024 - 14:10 WIB

Nelayan Hamili Anak Kandung Dilaporkan ke Polisi

12 April 2024 - 21:05 WIB

Dua Rumah Milik Bapak dan Anak di Situbondo Ludes Terbakar

12 April 2024 - 19:09 WIB

Kapal Klotok Tenggelam di Sungai Kapuas,  Enam Penumpang Selamat

12 April 2024 - 13:19 WIB

Roda Depan Bermasalah, Bus Masuk Saluran Irigasi di Jalur Pantura Situbondo

11 April 2024 - 17:45 WIB

Suasana Sholat Idulfitri di Lapangan Merdeka Terbaru

11 April 2024 - 16:34 WIB

Trending di Daerah