Menu

Mode Gelap

News Feed · 30 Agu 2016 15:46 WIB ·

Kebakaran Atau Pembakaran ???


					Foto Ilustrasi Perbesar

Foto Ilustrasi

Oleh: Kombes Pol Dr Chrysnanda DL

JAKARTA – REPORTASE, Kebakaran terjadi karena kesalahan, kealpaan, atau ada sesuatu yang menyebabkan terbakar dan tidak ada unsur kesengajaan.

Pembakaran terjadi karena sesuatu hal ada unsur rekayasa, kesengajaan atau ada sesuatu yang dikehendaki agar terbakar. Api yang menjadi sahabat manusia, tatkala menjadi besar bisa saja memusuhi dan memusnahkan manusia.

Api menjadi simbol untuk membangkitkan semangat, simbol politik bahkan menjadi salah satu alat kebijakan. Api yg semestinya menjadi suluh kini sering meluluhlantakkan hidup dan kehidupan.

Pemukiman, pasar dan daerah-daerah yang kumuh sering sekali terjadi kebakaran entah karena memang rawan terjadinya kebakaran atau memang karena sudah menjadi kebijakan untuk dialihkan.

Hingga kini jarang yang menemukan adanya unsur pembakaran. Tak jarang dianggap sebagai takdir juga kehendak Yang di atas. Selain dianggap musibah ternyata bisa juga sebagai bagian dari bisnis claim asuransi untuk mendapatkan ganti rugi.

Pembakaran sulit dibuktikan tatkala pendapat-pendapat orang kebanyakan mengamini sebagai kebakaran dan menerimanya. Lebih sulit lagi tatkala yang menelitipun menyimpulkan tidak ada unsur pembakaran dan menunjukan bukti-bukti kebakaran.

Tatkala diperiksa memang unsur-unsur kebakaran dan pembakaran hampir-hampir tidak ditemukan. Bumbu kepentingan makin mengaburkan pandangan untuk melihat adanya pembakaran.(Redaksi)

Komentar

Baca Lainnya

Sah, Sutarmidji – Ria Norsan Bersama Lanjutkan!

19 Mei 2024 - 13:02 WIB

Penambangan Emas Ilegal di Jambi Diduga Libatkan Aparat Desa dan Polisi

19 Mei 2024 - 12:21 WIB

Hati-Hati dengan Iming-Iming Keuntungan Investasi Fantastis

19 Mei 2024 - 12:12 WIB

Peragakan 39 Adegan Detik-Detik Pembunuhan mantan Istrinya, Pelaku Merasa Menyesal

18 Mei 2024 - 18:34 WIB

Gubernur Al Haris Lantik Anggota KPID Provinsi Jambi

17 Mei 2024 - 15:04 WIB

Kemenag Siapkan Rumah Ramah Bagi 818 Calon Jamaah Haji Lansia Asal Jambi

17 Mei 2024 - 14:36 WIB

Trending di Daerah