Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 18 Mar 2024 15:13 WIB ·

Kena Ledakan Petasan, Tangan Kiri Bocah 14 Tahun Alami Luka Bakar


					Kena Ledakan Petasan, Tangan Kiri Bocah 14 Tahun Alami Luka Bakar Perbesar

Korban saat mendapat perawatan petugas medis di Puskesmas Mangaran, Situbondo.

 

Situbondo, reportasenews.com – Gara-gara bermain petasan, tangan kiri bocah 14 tahun mengalami luka bakar. Saat ini, korban bernama Khotibul Umam (14) warga Desa Tribungan, Kecamatan Mangaran, masih menjalani perawatan di Puskesmas Mangaran, Situbondo.

Diperoleh keterangan, nasib apes yang dialami korban Umam, berawal saat korban bersama empat orang temannya bermain petasan di areal sebelah timur pelabuhan Kalbut, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Situbondo.

Bahkan, begitu sampai di lokasi kejadian, korban langsung menyulut petasan yang dibawa dari rumahnya
Sayangnya, sebelum petasan berukuran sedang dilempar itu, tiba-tiba meledak ditangannya. Sehingga telapak tangan kiri korban mengalami luka bakar.

Mengetahui tangan kiri korban bersimbah darah, serta korban menjerit kesakitan, warga setempat langsung mengevakuasi korban ke Puskesmas Mangaran, untuk mendapatkan perawatan. Sebab, luka bakar tangan kiri korban cukup parah.

“Saya kaget, saat duduk ada suara petasan yang disertai jeritan. Makanya, saya dan teman-teman lalu bergegas ke lokasi kejadian, tahu korban terkena ledakan petasan, warga langsung membawa korban ke puskesmas mangaran,”ujar Samsul, salah seorang warga setempat, Senin (18/3/2024).

Kapolsek Mangaran, Situbondo AKP Aryo Pandanaran membenarkan adanya seorang korban terkena ledakan petasan. Berdasarkan keterangan temannya, korban membuat sendiri petasannya, dengan menggunakan bahan dari kembang api, sedangkan cara membuatnya meniru di medsos youtube.

“Korban membuat petasan dengan cara mengeluarkan obat kembang api sebagai bahan petasan, kemudian korban membuat gulungan kertas, selanjutnya gulungan kertas di isi dengan bahan kembang api, korban membuat sumbu mercon dengan kertas.”ujar AKP Aryo.

Menurutnya, mendapat informasi korban membuat sendiri petasannya, pihaknya
bersama anggota langsung menggeledah rumah korban, dan ternyata banyak ditemukan bahan pembuatan petasan di rumahnya.

“Pada saat digeledah di rumah korban, kami mnemukan bekas pembuatan petasan, seperti bekas bungkus kembang api, sisa kertas yang tidak di pakai dan selongsong kertas yang belum sempat terisi obat petasan,”bebernya.

Lebih jauh Aryo mengatakan, sejumlah barang pembuatan petasan yang ditemukan di rumah korban itu, langsung dibawa ke Mapolsek Mangaran sebagai barang bukti.

“Kami langsung mengamankan sejumlah barang bukti, agar korban tidak lagi membuat petasan lagi. Selain itu, kami juga menghimbau kepada warga Situbondo, agar melarang membuat dan bermain petasan, selain dilarang dan bisa berakibat fatal,”pungkasnya. (fat)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Menpan RB: Rekrutmen CPNS dan PPPK Harus Rampung Tahun 2024

22 April 2024 - 20:38 WIB

Pasangan Anak Punk yang Mesum di Alun-alun Kota Situbondo Diamankan Satpol PP

22 April 2024 - 20:33 WIB

Gelapkan Sepeda Motor Polisi, Dua Tersangka Dijebloskan ke Penjara

22 April 2024 - 19:26 WIB

Penyakit DBD Mewabah, Rumah Sakit di Situbondo Dipenuhi Pasien

22 April 2024 - 18:46 WIB

Aksi Perampokan di Jalan Niaso Muaro Jambi Viral di Medsos

22 April 2024 - 17:30 WIB

Pemkab Sarolangun Sebut Berhasil Turunkan Angka Pengangguran 

22 April 2024 - 17:03 WIB

Trending di Daerah