Search

Kenakan Pakaian Adat Batak, Jemaat Gereja HKBP Batam Gelar Upacara HUT Ke-76

Para peserta upacara kemerdekaan dengan mengenakan pakaian adat Batak.

Batam, Reportasenews – Jemaat Gereja HKBP Batam Lubuk Baja menggelar Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-76 dengan mengenakan pakaian adat Batak di halaman gereja,   berlangsung Selasa (17/8/2021).

Meski dalam suasana gerimis, upacara yang diikuti  oleh jemaat gereja, tetap berlangsung khidmad dan penuh suka cita.

Peringatan hari kemerdekaan dipimpin oleh Pendeta Belman Hutahaean selaku inspektur upacara dengan mengenakan stelan jas yang dibalut ulos yang merupakan kain tenun khas batak serta penutup kepala budaya batak(Sortali).

Komandan upacara yang berasal dari kalangan lansia menjadi perhatian menarik dan terlihat unik lantaran di komandoi purnawirawan TNI yaitu,Kapt.Inf(Purn) Luhut Sidauruk.

Dalam amanatnya,Pdt.Belman Hutahaean,M.Div menyampaikan bahwa kemajuan suatu bangsa tidak hanya diukur dari aspek pemyelenggaraan pemerintahan saja,melainkan juga diukur dari tingkat kemajuan dan kemakmuran masyarakatnya.

“Kemajuan masyarakat merupakan akumulasi dari kerja keras dan karya bersama antara pemerintah dengan seluruh komponen masyarakat dalam gereja serta terhadap agama”Ujar Belman Hutahaean.

Pendeta Belman mengingatkan agar jemaat tidak cepat berpuas diri dengan kemajuaj pembangunan yang telah dicapai selama ini,namun kemajuan hendaknya dijadikan motivasi sembari melakukan evaluasi untuk melangkah kedepan mempersembahkan yang terbaik bagi daerah kota Batam.

“Masih banyak yang perlu kita kerjakan dan membutuhkan kepedulian dan tanggungjawab kita bersama guna melawan wabah pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia dan negara kita Indonesia sampai saat ini belum juga reda”kata Belman Hutahaean.

Melalui momentum hari ulang tahun kemerdekaan ini mengajak seluruh warga gereja HKBP menggunakan seluruh energi dan potensi untuk melakukan yang terbaik bagi gereja dan kota Batam,tentunya mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah dan kesehatan untuk memperkecil penularan dari wabah virus corona.

Selain menggelar upacara hari kemerdekaan,para jemaat HKBP Batam juga berbagi tali kasih terhadap warga yang terhimbas wabah Covid-19 melalui perlombaan yang unik dan lucu.

Ketua panitia penyelenggara,Pendeta Josua Togatorop,S.Th  mengapresiasi kelangsungan upacara berjalan hikmat dan disiplin,setiap peserta upacara melaksanakan prokes yang cukup ketat,misalnya setiap peserta wajib di chek suhu tubuh,menggunakan masker,mencuci tangan kemudian mengambil posisi yang telah diaturkan oleh panitia.

Pendeta Josua Togatorop tetap menghimbau warga jemaat agar tetap mengikuti anjuran pemerintah untuk mau divaksin,gereja juga telah di pilih menjadi tempat penyelenggaraan program percepatan vaksinasi.
“Pihak majelis gereja HKBP Batam bersedia membantu program pemerintah guna percepatan vaksinasi pertama maupun kedua”imbuh Pendeta Josua Togatorop.

Dalam waktu dekat ini pihak gereja HKBP Batam,dinas kesehatan Pemko Batam dan Polsek Lubuk Baja akan menyelengarakan vaksinasi kedua dan pengecekan kesehatan dari wabah Covid-19 dengan menggunakan antigen gratis.(*)




Loading Facebook Comments ...