Menu

Mode Gelap

Nasional · 13 Nov 2023 15:30 WIB ·

Kepala BNPT Cek Program Deradikalisasi di Lapas Nusakambangan


					Kepala BNPT Cek Program Deradikalisasi di Lapas Nusakambangan Perbesar

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

 

Cilacap, reportasenews.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, untuk melakukan evaluasi program deradikalisasi.

Rycko mengatakan, kunjungan kerja tersebut merupakan atensi dari Presiden Jokowi untuk mengevaluasi sampai sejauh mana  program deradikalisasi berjalan.

“Untuk program deradikalisasi terhadap para napiter (narapidana terorisme) yang ada di sini, hal ini merupakan atensi Bapak Presiden kita melakukan evaluasi sampai sejauh mana program ini bisa berjalan. Sehingga, para napiter ini bisa kembali mengetahui kehidupan yang nyata, kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Rycko dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin, (13/11/23), dikutip dari antaranews.com.

Rycko meninjau sejauh mana pengembangan fasilitas dan infrastruktur oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di Lapas Nusakambangan, terlebih terhadap lima lapas yang baru dibangun.

Dia mengaku kagum dengan sejumlah lapas baru tersebut dan meyakini bahwa kehadiran lapas baru itu memaksimalkan kelancaran program deradikalisasi bagi para napiter.

“Kami ke sini juga untuk mengecek sejauh mana perkembangan dari pembangunan lima lapas baru yang dibangun oleh Ditjen PAS di sini, yang rencananya akan resmikan oleh Presiden (Joko Widodo). Fasilitas infrastruktur dibangun oleh Ditjen PAS semakin bagus. Kami kagum dengan lapas yang baru, lapas dibangun dengan teknologi yang modern,” jelasnya.

Lebih lanjut, Rycko menyebutkan bahwa program deradikalisasi yang dijalankan BNPT dengan menggandeng kementerian lain telah membuahkan hasil positif. BNPT pun terus melakukan evaluasi demi mendapatkan hasil lebih baik.

“Program deradikalisasi sudah berjalan dengan baik. Ada 16 kementerian sudah sama-sama melakukan usaha yang maksimal. Namun demikian, kami terus melakukan evaluasi supaya dapat menghasilkan yang lebih baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Dirjen PAS Irjen Pol. Reynhard S. P. Silitonga mengatakan pihaknya terus meningkatkan pelayanan, fasilitas, dan teknologi agar semakin ideal dan mampu memberi dukungan maksimal untuk program deradikalisasi.

“Peningkatan layanan terhadap warga binaan, kami kelebihan muatan. Oleh karena itu, kami perlu ada pembangunan sesuai dengan instruksi presiden. Fasilitas termasuk teknologi, kami meniru dengan lapas-lapas yang ada di luar negeri, termasuk dengan pengamanan,” ujar Reynhard. (*)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Ratusan Pembalap Sejumlah Daerah di Indonesia, Meriahkan Balap Sepeda Tour De Rengganis

15 Juni 2024 - 18:42 WIB

Satgas Yonkav 12/BC Terima Penyerahan Senjata dari Warga

15 Juni 2024 - 18:36 WIB

Reaksi Cepat TNI Mengejar OPM Serta Merebut Distrik Bibida

15 Juni 2024 - 18:31 WIB

Indonesia Sedang Tidak Baik-Baik Saja, Aparat Pemerintah Jangan Main-Main dengan Penegakan Hukum…!!!

15 Juni 2024 - 10:29 WIB

JPU Hadirkan 8 Saksi, Penyebab Meninggalnya Siswa MTS Situbondo Terungkap

14 Juni 2024 - 18:43 WIB

Demo di Depan Kantor Pemkab Situbondo Ricuh, Mahasiswa dan Polisi Bentrok

14 Juni 2024 - 18:36 WIB

Trending di Daerah