Menu

Mode Gelap

Nasional · 20 Des 2023 15:23 WIB ·

Kepala BNPT Sebut Peran FKPT Penting untuk Bangun Ketahanan Masyarakat dari Ideologi Radikalisme


					Kepala BNPT Sebut Peran FKPT Penting untuk Bangun Ketahanan Masyarakat dari Ideologi Radikalisme Perbesar

Kepala BNPT Komjen Pol. Mohammed Rycko Amelza Dahniel pada Rakornas ke-VII FKPT di Jakarta, Selasa (19/12/2023). (Foto: dok BNPT RI).

 

Jakarta, reportasenews.com  – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Mohammed Rycko Amelza Dahniel mengatakan peran Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) menjadi penting untuk membangun ketahanan masyarakat.

Kehadiran FKPT, kata Rycko, berperan penting untuk tercapainya strategi nasional penanggulangan terorisme dalam menciptakan ketahanan masyarakat dari ideologi yang mengusung kekerasan dan radikalisme.

“Kehadiran FKPT menjadi sangat penting untuk menjalankan program-program BNPT dan pencapaian strategi nasional dalam penanggulangan terorisme, yaitu terbentuknya public awareness (kesadaran publik), public engagement (keterlibatan publik), dan kolaborasi semua komponen warga di daerah dalam rangka membangun ketahanan publik,” kata Rycko dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dia menambahkan FKPT merupakan kepanjangan tangan BNPT di daerah demi membangun daya cegah, daya tangkal, dan daya lawan terhadap ideologi radikalisme dan terorisme.

“FKPT inilah yang menjadi kepanjangan tangan dari BNPT di daerah untuk melakukan berbagai upaya dengan berbagai program yang kami lakukan untuk mencegah, membangun resilience (ketangguhan),” ujar Rycko.

Dia mengatakan hal itu dalam sambutannya pada kegiatan Rakornas ke-VII FKPT di Jakarta, Selasa (19/12). Pada kesempatan yang sama, Direktur Pencegahan BNPT Irfan Idris mengapresiasi peran aktif FKPT berbagai daerah di Indonesia.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, baik panitia penyelenggara maupun pengurus dan staf FKPT dari 34 provinsi dan dua kabupaten yang menginisiasi kegiatan strategis ini, dalam rangka Rapat Koordinasi Nasional ke-VII FKPT Tahun Anggaran 2023, untuk meningkatkan partisipasi seluruh elemen masyarakat mencegah berkembangnya radikalisme dan terorisme,” kata Irfan. (*)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Tertimpa Pohon Tumbang, 2 Rumah Kakak Beradik di Situbondo Rusak Berat

14 Juli 2024 - 21:18 WIB

DuaGudang Terbakar di Situbondo, Kerugian Materi Mencapai 45 juta

14 Juli 2024 - 21:14 WIB

Ae Mutu Air Tiga Rasa, Nikmati Keindahan Alam dan Budaya di Gunung Kelimutu

14 Juli 2024 - 21:08 WIB

Masa Jabatan Kades Jadi 8 Tahun, Apdesi Situbondo Gelar Syukuran

13 Juli 2024 - 16:23 WIB

Keroyok Seorang Perempuan, Bapak dan Anak di Situbondo Dipolisikan

12 Juli 2024 - 22:10 WIB

Bawa Sajam Saat Konvoi, Puluhan Anggota PSHT Diamankan

12 Juli 2024 - 17:16 WIB

Trending di Daerah