Menu

Mode Gelap

Hukum · 30 Mar 2017 20:03 WIB ·

Keterlaluan ! Alat Pemantau Erupsi Gunung Bromo Dirusak Orang


					Petugas memeriksa  alat pemantau Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, yang dirusak orang tak bertanggung jawab. (foto : dic) Perbesar

Petugas memeriksa alat pemantau Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, yang dirusak orang tak bertanggung jawab. (foto : dic)

Probolinggo, reportasenews.com – Alat pemantau Gunung Bromo, untuk mendeteksi aktivitas erupsi, milik Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dirusak orang yang tidak bertanggung jawab.

Sejumlah peralatan penting pemantau yang dirusak oleh orang tak dikenal adalah kabel-kabel accu dipotong, regulator accu dan antena wirelles untuk alat deformasi Gunung Bromo, juga dirusak.

“Ketemunya pada Rabu malam, pelaku merusak peralatan penting untuk memonitor aktivitaas Gunung Bromo, kabel dipotong-potong dan alat lainnya dirusak. Terutama alat deformasi yang sebelumnya hilang dicuri juga dirusak,”jelas Achmad Subhan, Kepala Pos Pantau PVMBG Gunung Bromo, di Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur.

Pihak TNBTS yang mendapat laporan  langsung mengkroscek ke lokasi. Pihak TNBTS menghimbau kepada para pengunjung atau warga sekitar, untuk saling menjaga dan membantu keamanan di sekitar Gunung Bromo, terutama alat pemantau, karena jika alat itu hilang atau dirusak, maka akibatnya bisa fatal.

“Kami meminta juga kepada pihak PVMBG untuk membuatkan pagar menglilingi alat pemantau itu, yang sekiranya sulit untuk dijangkau, dan dimasuki oleh orang lain, jadi hanya petugas saja yang boleh masuk,”tegas Fariana Prabandari, Kepala Bidang Pengelolaan Wilayah I TNBTS, Kamis (30/3).

Yang jelas tambah Fariana, akibat kerusakan alat pemantau ini, membuat petugas kebingungan, begitu juga masyarakat luas, karena petugas seperti PVMBG tidak bisa memberikan informasi terkini terkait aktivitas Gunungapi ini.

Kapolsek Sukapura AKP Nur Choiri, mengatakan pihak kepolisian masih  akan melakukan penyelidikan terkait pengrusakan ini. Terutama pada kasus sebelumnya, hilangnya alat pemantau yang dicuri.”Kami maksimalkan penyelidikan, mohon bantuan dan dukungannya agar pelaku bisa terungkap,”tukas AKP Nur Choiri.(dic)

 

 

 

 

 

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Mahasiswa Beri Apresiasi Polri Berpredikat Lembaga Bercitra Baik Versi Litbang Kompas

23 Juni 2024 - 18:47 WIB

Ribuan Emak-emak Besuki, Ikut Jalan Bersama “Mas Rio” Berhadiah Umrah

23 Juni 2024 - 16:24 WIB

Ditinggal ke Pasar, Rumah Nenek Pedagang Jihu dan 2 Kerabatnya Hangus Terbakar

23 Juni 2024 - 16:19 WIB

LBH Mitra Santri, Gugat Bupati Karna Suswandi ke PN Situbondo

22 Juni 2024 - 20:25 WIB

Viral di Medsos, Siswa SDN 1 Cottok Juara 1 Kid Atletik O2N Situbondo Gagal ke Provinsi

22 Juni 2024 - 18:51 WIB

Dinilai Tuntutannya Rendah, Kuasa Hukum Korban Ancam Laporkan JPU ke Jamwas

21 Juni 2024 - 18:53 WIB

Trending di Daerah