Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Catatan Isson · 12 Des 2016 13:20 WIB ·

Kirab Budaya Blora, Pesona Punggowo-Masyarakat


					Dalam kirab budaya ini banyak menonjolkan kebudayaan-kebudayaan yang ada di Kabupaten Blora. Perbesar

Dalam kirab budaya ini banyak menonjolkan kebudayaan-kebudayaan yang ada di Kabupaten Blora.

Blora. Reportasenews.com-Inilah fenomena saat hari jadi Kabupaten Blora, Jawa Tengah yang ke-267. Dalam kegiatan ini sangat meriah di bandingkan tahun sebelumnya. Dalam kirab budaya ini banyak menonjolkan kebudayaan-kebudayaan yang ada di Kabupaten Blora.

Dalam kirab budaya yang di mulai dari Pendopo Bupati Blora, para rombongan Kirab ini berjalan. Dengan berpakaian Adat, sejumlah warga ikut dalam Kirab tersebut. Selain berpakaian adat mereka membawa sejumlah hasil pertanian yang berasal dari Kabupaten Blora Ada yang membuat semacam gunungan.

Bahkan saat rombongan Bupati, salah seorang anak kecil mendekati rombongan dan bersalaman dengan Bupati Blora yang didampingi istrinya.

Selain menampilkan gunungan yang terbuat dari hasil pertanian, beberapa warga yang ikut dalam Kirab tersebut menampilkan Tari Tayub, dengan menari-nari sambil berjalan dan diiringi alunan musik Jawa menghibur para penonton yang ada disepanjang jalan protokol Kabupaten Blora.

Bukan hanya tarian Tayub saja, sejumlah seniman barongan ikut meramaikan kirab tersebut. Dengan menampilkan beberapa tokoh barongan, mereka ikut aktraksi yang biasa dilakukan dalam memainkan Barongan.

“Acara ini bagus kostumnya dan banyak yang kreatif kostumnya bagus juga buat foto-foto, menambah motivasi, inspirasi dan belajar banyak dari budaya lokal biar lebih kreatif lagi,” kesan  Rina (20) warga Blora.

Beberapa warga yang menonton tak tahan untuk berfoto-foto bersama dengan para pengikut Kirab tersebut. Kebanyakan dari kalangan perempuan mengabadikan kirab ini dengan telepon genggamnya.

“Parade Kirab Budaya sebagai bentuk komunikasi langsung kepada Pungowo Kabupaten dengan masyarakat. Makanya kami libatkan SKPD pungowo-pungowonya dari  tingkat kecamatan hingga kelurahan, ” jelasnya Slamet Pamudji, ketua panitia kirab ini.

Meski harus berjalan sejauh dua kilo meter ini nampak para peserta kirab tetap menujukan semangatnya dalam memperingati hari jadi Kabupaten Blora ini. (andhi)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 39 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Coblos Surat Suara Sisa, Petugas KPPS Jambi Dipidana

24 Februari 2024 - 22:57 WIB

Cabuli Anak Tirinya, Pria 40 Tahun di Bondowoso Ditangkap

24 Februari 2024 - 17:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Perayaan Cap Go Meh Singkawang 2024

24 Februari 2024 - 17:13 WIB

Subhanallah, Pria di Situbondo Meninggal Saat Sujud Shalat Ashar Berjamaah di Masjid

24 Februari 2024 - 06:40 WIB

Bupati Karna Suswandi, Panen Raya Padi BK 01

23 Februari 2024 - 21:01 WIB

Pemkab Situbondo Segera Cairkan Honor Ribuan Linmas yang Tertunda

23 Februari 2024 - 17:58 WIB

Trending di Daerah