Menu

Mode Gelap

Internasional · 16 Agu 2021 19:29 WIB ·

KJRI Jeddah dan Masyarakat Sambut HUT ke-76 Kemerdekaan RI


					Latihan persiapan upacara bendera HUT RI 76 di Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah, Arab Saudi. Perbesar

Latihan persiapan upacara bendera HUT RI 76 di Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah, Arab Saudi.

Jeddah, Reportasenews – Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah membangkitkan semangat masyarakat WNI di Arab Saudi untuk bersama-sama menyambut peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

KJRI Jeddah sedang mempersiapan pelaksanaan upacara pengibaran bendera dengan melakukan serangkaian latihan bagi tim yang bertugas, di antaranya Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Anggota Paskibra dipilih dari kalangan siswa Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) yang saat ini dibatasi menjadi 6 orang dari 32 personel pada masa normal.

Biasanya Anggota Paskibra berlatih sebagai kegiatan rutin ekstrakurikuler sekolah. Namun, karena adanya pengetatan pergerakan orang selama pandemi, para anggota Paskibra harus berlatih lebih keras mulai dari awal, setidaknya tiga kali dalam sepekan selama sebulan, di tengah suhu yang menyengat.

Paskibra HUT ke-76 RI yang berjumlah 6 orang dikukuhkan oleh Konsul Jenderal RI Jeddah Eko Hartono pada Jumat malam, 13 Agustus 2021 di Balai Nusantara Wisma Konjen RI. Pasukan ini akan bertugas pada upacara peringatan HUT ke-76 RI yang diselenggarakan Selasa, 17 Agustus 2021, di halaman Balai Nusantara.

Di sela sambutannya, Konjen RI membangkitkan semangat para anggota Paskibra agar bangga memperoleh kepercayaan untuk melaksanakan tugas mulia tersebut. Namun, sebagai pelajar, Konjen RI berharap para anggota Paskibra tidak hanya sukses melaksanakan tugas, tapi juga gemilang dalam prestasi belajar.

Semangat menyambut HUT ke-76 Kemerdekaan RI juga dirasakan di ruang pelayanan Gedung Pelayanan Terpadu KJRI Jeddah, saat lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan secara bersama-sama pada Minggu, 15 Agustus 2021. Sebelum pelayanan dimulai, seluruh staf yang mengenakan seragam dan berkopiah hitam dan penerima pelayanan pada hari itu diminta agar berdiri dengan sikap sempurna dan turut menyanyikan lagu kebangsaan RI.

Dekorasi merah putih, umbul-umbul, poster, spanduk, baliho atau hiasan lainnya menghiasi sisi dalam ruang pelayanan, gerbang utama dan akses masuk ke areal kompleks KJRI Jeddah dan Balai Nusantara Wisma Konsul Jenderal RI Jeddah.

Tim khusus juga diterjunkan ke sejumlah toko milik WNI yang menjual produk-produk Indonesia dan rumah makan yang menyajikan masakah Indonesia untuk memasang asesoris khas berlogo peringatan HUT RI ke 76, seperti poster berukuran bendera mini yang digantung di plafon.

Tak ketinggalan, rumah makan yang menyajikan masakan Indonesia juga turut memberikan diskon khusus untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Dirgahayu Republik Indonesia..

Komentar
Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Catat Rekor Tertinggi, Rusia Laporkan 1.247 Kematian Covid-19 Dalam Sehari

17 November 2021 - 19:00 WIB

Ratusan Kru dan Pembalap World Superbike Mandalika Mulai Berdatangan

9 November 2021 - 14:00 WIB

Tiba di Abu Dhabi UEA, Presiden Jokowi Akan Bertemu dengan Putra Mahkota dan Sejumlah Pengusaha

3 November 2021 - 11:05 WIB

Hadiri KTT COP26, Jokowi Bertemu PM Inggris Bahas Peningkatan Kerjasama Ekonomi

2 November 2021 - 11:43 WIB

Guru Bantu Bahasa Indonesia di Australia akan Diperluas

1 November 2021 - 10:41 WIB

Polisi Kolombia Tangkap Gembong Narkoba Paling Dicari

24 Oktober 2021 - 16:28 WIB

Trending di Internasional