Menu

Mode Gelap

Daerah · 20 Des 2023 12:42 WIB ·

Kodam XII/ Tpr Gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Banjir


					Kodam XII/ Tpr Gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Banjir Perbesar

Pangdam XII/ TPR Mayjen TNI Iwan Setiawan bersama Pj. Gubernur Kalbar, dr. Harissson melihat alat persiapan menghadapi bencana banjir. (foto Pendam XII TPR).

 

Kubu Raya, reportasenews.com – Pangdam XII/Tapr Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M., bersama Pj. Gubernur Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes., dan Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto memimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Banjir Tahun 2023.

Apel berlangsung di Lapangan Tidayu, Makodam XII/Tpr, Rabu (20/12/2023).

Apel dihadiri Forkopimda Provinsi Kalbar, Para Pejabat Utama Kodam XII/Tpr, Polda Kalbar, Lanud Supadio dan Lantamal XII/Pontianak, Walikota Pontianak dan Bupati Kubu Raya, Kepala Badan/Dinas/Instansi Prov. Kalbar, Kota Pontianak dan Kab. Kubu Raya. Diikuti oleh personel gabungan dari TNI-Polri, BPBD, Basarnas, Satpol PP, PMI, Dinas Kesehatan, BMKG serta unsur terkait lainnya.

Kepada awak media Pj. Gubernur Kalbar dr. Harrison mengatakan, dirinya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Pangdam Xi/Tpr dan Kapolda Kalbar yang sudah menyiapkan pasukannya untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir di Kalbar. Gubernur berharap masyarakat juga dapat berpartisipasi dalam menyiapkan atau memotivasi kemungkinan bencana banjir di Kalbar.

“Ada beberapa kabupaten yang memang langganan banjir. Mulai dari hulu, Kapuas Hulu, Sintang, Landak, Sekadau, Melawi, Ketapang ini langganan banjir. Dan memang harus kita siapkan betul-betul. Kita mitigasi agar tidak menimbulkan korban jiwa maupun materiil yang besar,” tegasnya.

Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan menyampaikan, kegiatan apel gelar pasukan dan perlengkapan yang dilaksanakan ini intinya adalah untuk membantu Pemda dalam rangka mengatasi kesulitan Rakyat yang ada di wilayah Kalbar.

“Kegiatan ini juga dilaksanakan oleh Kodim dan Polres di Kalbar. Untuk mengatasi bencana banjir di wilayah. Yang jelas kami instruksikan kepada seluruh jajaran agar totalitas sepenuh hati baik itu tenaga, pikiran, personel dan perlengkapan untuk membantu kesulitan Rakyat dalam rangka mengatasi banjir,” ujarnya.

Sedangkan Kapolda Kalbar, Irjen Pol Pipit Rismanto mengatakan, mendekati Natal dan Tahun Baru Polda Kalbar menginginkan masyarakat dapat melaksanakan kegiatan dengan aman, nyaman, lancar tanpa ada hambatan seperti bencana banjir. Untuk itu Polda telah menyiapkan sejumlah personel untuk antisipasi.

“Polda Kalbar telah menyiapkan sebanyak 425 orang personel berikut perlengkapan yang tersebar di semua titik. Kita fokus di Landak dan Kapuas Hulu sesuai pemetaan yang ada. Namun demikian apabila ada pengembangan di tempat-tempat lain seperti Ketapang, Melawi, Sintang atau daerah-daerah lain akan kita tambah,” katanya. (tim)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Tertimpa Pohon Tumbang, 2 Rumah Kakak Beradik di Situbondo Rusak Berat

14 Juli 2024 - 21:18 WIB

DuaGudang Terbakar di Situbondo, Kerugian Materi Mencapai 45 juta

14 Juli 2024 - 21:14 WIB

Ae Mutu Air Tiga Rasa, Nikmati Keindahan Alam dan Budaya di Gunung Kelimutu

14 Juli 2024 - 21:08 WIB

Masa Jabatan Kades Jadi 8 Tahun, Apdesi Situbondo Gelar Syukuran

13 Juli 2024 - 16:23 WIB

Keroyok Seorang Perempuan, Bapak dan Anak di Situbondo Dipolisikan

12 Juli 2024 - 22:10 WIB

Bawa Sajam Saat Konvoi, Puluhan Anggota PSHT Diamankan

12 Juli 2024 - 17:16 WIB

Trending di Daerah