Menu

Mode Gelap

Internasional · 4 Sep 2017 06:00 WIB ·

Korea Utara Sukses Lakukan Uji Bom Hidrogen Membuat Bumi Tremor Bergetar


					Kim Jong Un dan bom Hidrogen terbaru Korut Perbesar

Kim Jong Un dan bom Hidrogen terbaru Korut

Korea Utara, repotasenews.com – Menurut laporan, Korea Utara telah berhasil melakukan uji bom hidrogen. Korea Utara mengklaim hari Minggu bahwa pihaknya telah berhasil melakukan uji coba bom hidrogen, media Korut melaporkan.

Pengumuman Pyongyang disiarkan oleh YTN Korea Selatan dan penyiar NHK Jepang.

Ujicoba bom hiderogen ini sampai membuat permukaan bumi bergetar hebat hingga desa kecil yang terletak diperbatasan kedua negara (seperti tampak di video). Rumah penduduk bergoyang sangat keras membuat lampu gantung terayun kencang, dan tembok rumah penduduk retak-retak. Gempa bumi lokal akibat ledakan bom tercatat sampai kekuatan 5,6 SR.

Diperkirakan, kapasitas uji coba nuklir Korea Utara mungkin telah mencapai 50 kiloton, media Korea Selatan melaporkan pada hari Minggu.

Korea Utara mengklaim bahwa tidak ada kebocoran radiasi yang terjadi selama pengujian bom hidrogen pada hari Minggu.

Jepang mendukung sebuah pertemuan mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) dan telah mengajukan protes ke Pyongyang atas kemungkinan uji coba nuklir keenam, Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono mengatakan pada hari Minggu.

Pemerintah Jepang mengecam Korea Utara dengan cara yang paling kuat melalui kedutaan besarnya di Beijing dan akan mengkoordinasikan tindakannya dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan untuk meminta PBB untuk mengadakan pertemuan Dewan Keamanan darurat, Kono mengatakan seperti yang dikutip oleh penyiar NHK.

https://youtu.be/-O2SkhibfQM

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memeriksa pemuatan bom hidrogen menjadi rudal balistik antarbenua baru, kata media pemerintah Pyongyang, Ahad, sebuah klaim atas penguasaan teknologi yang oleh beberapa pakar dari luar akan diragukan namun akan menimbulkan kekhawatiran yang tinggi di Semenanjung Korea.

Sebagai bagian dari pekerjaan Korea Utara untuk membangun gudang ICBM nuklir yang layak yang dapat mencapai daratan AS, Kim memeriksa saat berkunjung ke Institut Senjata Nuklir Utara, pemuatan bom H “buatan sendiri” ke ICBM.

“Kekuatan peledak bom bisa disesuaikan dari puluhan kiloton menjadi ratusan kiloton,” kata kantor berita Central News Agency.

Korea Utara pada bulan Juli melakukan tes ICBM pertamanya, bagian dari lompatan menakjubkan dalam proses program nuklir dan rudal negara tersebut sejak Kim berkuasa setelah kematian ayahnya pada akhir 2011.

Korea Utara melakukan dua uji coba nuklir tahun lalu saja. Yang pertama melibatkan apa yang diklaimnya sebagai bom hidrogen dan yang kedua adalah yang paling kuat yang pernah ada. Para ahli dan pemerintah luar skeptis terhadap klaim hidrogen, namun hampir tidak mungkin untuk secara independen mengkonfirmasi pernyataan Korea Utara tentang program senjata rahasianya yang sangat rahasia.

Pertanyaan kuncinya adalah seberapa jauh Korea Utara berhasil melakukan upaya untuk secara konsisten mengecilkan hulu ledak nuklir agar bisa muat di rudal jarak jauh.

Badan mata-mata utama Korea Selatan sebelumnya telah menegaskan bahwa tidak berpikir Pyongyang saat ini memiliki kemampuan untuk mengembangkan senjata nuklir mini yang dapat dipasang pada rudal balistik. Beberapa ahli menganggap Utara mungkin telah menguasai teknologi ini.

Korea Utara diperkirakan memiliki beberapa bom nuklir yang tidak sempurna dan telah menghabiskan waktu puluhan tahun untuk mencoba rudal jarak jauh bertingkat guna membawa versi bom yang lebih kecil. (Hsg)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Mantan Kabid Prasarana Distan Kabulaten Merangin Jadi Tersangka Korupsi Bansos

19 Juli 2024 - 16:08 WIB

Tiga Desa di Tanjab Barat Jadi Percontohan Desa Anti Korupsi

19 Juli 2024 - 15:43 WIB

Buntut Ikut Temui Presiden Israel, Bupati Kudus Pecat Staf Khususnya

18 Juli 2024 - 14:28 WIB

Polres Sarolangun Musnahkan 2 Kilogram Narkotika Jenis Sabu

18 Juli 2024 - 14:04 WIB

4 ASN Terafiliasi Jaringan Teroris, Kesbangpol Tanjabbar Minta Masyarakat Segera Lapor Bila Temukan Aliran Tak Wajar

18 Juli 2024 - 13:45 WIB

Mesin Perahun Mati, Nelayan Situbondo Terombang-ambing di Perairan Madura

18 Juli 2024 - 11:44 WIB

Trending di Daerah