Menu

Mode Gelap

Daerah · 5 Jan 2024 10:21 WIB ·

Kota Bengkayang Diterjang Banjir Bandang, Ratusan Rumah Terdampak


					Kota Bengkayang Diterjang Banjir Bandang, Ratusan Rumah Terdampak Perbesar

Tim gabungan BPBD Bengkayang, Basarnas, PMI, TNI AU, dan sejumlah personil relawan lainnya siap siaga dalam mengantisipasi datangnya banjir bandang. (foto istimewa)

Bengkayang, reportasenews.com – Banjir bandang menerjang sejumlah Kawasan di kota Bengkayang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Kamis (04/01/2024). Banjir menyebabkan warga di Kelurahan Bumi Emas, Kecamatan Bengkayang, panik akibat meluapnya Sungai Sebalo yang tak mampu menampung air hujan yang turun dengan intensitas lebat.

Ketua Satuan Tugas Informasi Bencana BPBD Kalimantan Barat, Daniel S.Pd dalam video rilisnya, Jumat (5/01/2024) pagi menyebutkan ratusan warga terdampak Banjir Bandang yang terjadi di kota Bengkayang.

“Telah terjadi Banjir di kelurahan Bumi Emas, kecamatan Bengkayang, pada pukul 15.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB, ratusan warga terdampak banjir, dan beberapa ruas jalan terendam seperti jalan Swadaya, jalan Sadar, dan upaya penanggulangan terhadap banjir bagi warga terdampak dengan mengevakuasi warga di Gedung Pancasila, dan rumah keluarganya yang masih aman,” terang Daniel.

Daniel menegaskan saat ini pihaknya mendorong Pemkab Bengkayang menerapkan status tanggap darurat banjir dan telah menyiapkan tempat pengungsian, serta jumlah warga terdampak dan fasilitas umum yang terdampak masih didata BPBD Bengkayang.

Tim PMI Kalbar terjun ke lokasi jam 22.00, hingga Jumat ( 5/1/2024) pagi ini, bersama TNI POLRI, Basarnas, BPBD, Tim PMI, Masyarakat Sosial & Relawan Gabungan telah berada di lokasi

Sementara kondisi terakhir, banjir telah surut total dan tidak ada korban jiwa.
Dilaporkan juga ada rumah warga rusak dan kotor karena lumpur, warga sempat mengungsi dan saat ini sudah pulang ke rumah. Warga melanjutkan aktivitas Kembali dengan membersihkan rumah dari lumpur dan pasir akibat banjir bandang

Tim Gabungan hingga hari ini terus siaga untuk memastikan seluruhnya dalam kondisi baik.

Banjir bandang yang berlangsung singkat ini akibat curah hujan tinggi, dan menyusutnya daerah serapan air serta banyaknya lahan yang terbuka. (das)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Polda Kalsel Ungkap 14 Kasus Tambang Ilegal Dalam Operasi Peti Intan 2024

17 Juli 2024 - 16:27 WIB

Kapolri Pastikan Hasil Pengusutan Kasus Vina Cirebon akan Disampaikan Secara Transparan

17 Juli 2024 - 16:04 WIB

Satgas Pamtas RI Gagalkan Penyeludupan 35,9 Kilogram Sabu dan 35 Ribu Butir Pil Ekstasi di Sambas-Pontianak

17 Juli 2024 - 15:38 WIB

Usai Dilantik, AKBP Rezi Dharmawan Resmi Jabat Kapolres Situbondo

17 Juli 2024 - 15:06 WIB

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Pejabat Pemprov Jambi di Tes Urine Secara Mendadak

17 Juli 2024 - 14:52 WIB

Perampok Bersenjata Beraksi, Gasak Sejumlah Uang dan Barang Konter HP di Tanjab Barat

17 Juli 2024 - 14:08 WIB

Trending di Daerah