Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 9 Jan 2024 15:47 WIB ·

Kurir Sabu Asal Kalteng Terciduk Polisi Bawa Sabu 500 gram


					Kurir Sabu Asal Kalteng Terciduk Polisi Bawa Sabu 500 gram Perbesar

Tas yang berisi sabu seberat 500 gram diamankan sebagai barang bukti dari SJ, kurir sabu asal Kalteng. (foto istimewa)

Kubu Raya, reportasenews.com – Polres Kubu Raya berhasil menggagalkan peredaran sabu seberat 500 Gram (1/2 Kg) antar Provinsi yang dilakukan seorang kurir berinisial SJ (26) asal Kalimantan Tengah.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Kubu Raya AKBP Wahyu Jati Wibowo, setelah melaksanakan sertijabnya di Polda Kalbar, melalui Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya Aiptu Ade membenarkan penangkapan seorang kurir narkoba antar provinsi. Kurir dari Kalimantan Tengah berinisial SJ. Tersangka ditangkap Tim Sat Narkoba Polres Kubu Raya di Terminal ALBN saat hendak menaiki Bus tujuan Kalimantan Barat -Kalimantan Tengah.
“Dari penangkapan tersebut, Tim Satuan Reserse Narkoba Polres Kubu Raya berhasil mengamankan Narkoba jenis Sabu dengan total 500 gram atau 1/2 Kg yang dikemas oleh SJ di dalam tas ransel yang sudah di modifikasinya. Sabu itu SJ dapatkan dari wilayah Pontianak Barat Kalimantan Barat, kemudian akan dibawa ke Provinsi Kalimantan Tengah,”terang Ade, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/1/2024).
Ade mengungkapkan, SJ berhasil ditangkap Tim Satuan Reserse Narkoba Polres Kubu Raya pada Minggu (7/1/2024) sekitar pukul 06.30 WIB, di Terminal Bus Antar Lintas Batas Negara (ALBN) Jalan Mayor Alianyang Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat.
” Ini adalah sindikat, karena semuanya sudah diatur dengan rapi oleh pemilik dari sabu berinisial SI yang berada di Kalimantan Tengah. SI mengatur semuanya, mulai dari keberangkatan SJ, penginapan, pengambilan sabu di Pontianak Timur hingga ke pulang SJ ke Kalimantan Tengah,”kata Ade.
Setelah dilakukannya pemeriksaan, diketahui SJ mau melakukan pekerjaan kotor tersebut karena tergiur upah yang diberikan SI sebesar Rp. 10.000.000,- ( Sepuluh Juta Rupiah), dimana uang itu akan digunakan SJ untuk tambahan modal nikah dalam waktu dekat ini dan sekaligus membayar hutangnya.
” Saat ditangkap SJ mengakui bahwa barang tersebut milik SI. Kemudian SJ sudah menerima upah sebesar Rp.4.000.000, dan sisanya sebesar Rp.6.000.000 akan diberikan setelah barang tersebut sampai di tangan SI,” ungkapnya.
” Selama empat hari di Pontianak SJ mengikuti perintah SI melalui Aplikasi Whatsapp, dan mobilitas SJ menuju lokasi yang ditentukan SI menggunakan Ojek Online,”terang Ade.
” Keberhasilan pengungkapan Narkoba jenis Sabu antar provinsi ini tak lepas dari peran masyarakat yang memberikan informasi kepada kami,”ucapnya.

“Saat ini, Tim masih melakukan penyelidikan mendalam untuk membongkar jaringan antar Provinsi tersebut, kami dari Polres Kubu Raya mohon dukungan dan doa dari masyarakat khususnya Kabupaten Kubu Raya,” tegas Ade.

Atas perbuatnya, SN dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) dan Pasal 112 ayat (2) UU No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman penjara maksimal 20 Tahun. (tim)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

UKMK Sawit Sm-art Batik Berikan Edukasi Batik Sawit ke Pengunjung WNI dan WNA di INACRAFT 2024.

2 Maret 2024 - 08:07 WIB

Jadi Narasumber Semarak UKMK Sawit BPDPKS di Medan, CEO Sm-art Batik Ceritakan Perjalanan Pengembangan Industri Batik Sawit

2 Maret 2024 - 07:59 WIB

Diwarnai Aksi Protes, Ketua KPU Situbondo Optimis Rekap Pemilu 2024 Rampung Tepat Waktu

1 Maret 2024 - 22:09 WIB

Gegara Tak Dipinjami Ambulance, Warga Situbondo Meninggal

1 Maret 2024 - 18:57 WIB

Penuhi Panggilan Tim Penilai ASN, Imam Hidayat Bantah Terlibat Politik Praktis

1 Maret 2024 - 17:42 WIB

Tekan Kenaikan Harga, Pemprov Jambi Bentuk Tim Pengawasan Harga Bahan Pokok Jelang Ramadan

1 Maret 2024 - 16:47 WIB

Trending di Daerah