Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 3 Des 2023 17:32 WIB ·

Lingga Permesti, Dari Wartawan Menuju DPRD Klaten


					Lingga Permesti, Dari Wartawan Menuju DPRD Klaten Perbesar

 

Klaten, reportasenews.com – Nama Lingga Permesti masuk ke dalam daftar caleg perempuan muda Partai Keadilan Sejahtera untuk DPRD Klaten dari Dapil 4 (Ceper, Wononasari, Juwiring, Delanggu. Lingga ditempatkan nomor urut 7 berdasarkan daftar caleg yang dirilis KPU.

Lingga mengawali karirnya sebagai wartawan atau jurnalis media massa nasional Republika sejak 2010 hingga 2012. Selama menjadi wartawan di Jakarta dan Bandung, Lingga banyak meliput berbagai potret masyarakat yang membutuhkan percepatan kesejahteraan.

Menjadi jurnalis dan blogger mengantarkannya ke banyak prestasi. Ia sempat menulis permasalahan sampah di Jakarta dengan judul Ratu Sampah dari Semper Barat yang menjuarai Anugerah Pewarta Astra 2017.
Beberapa prestasi lainnya adalah Juara Jamsostek Jabar Award, pemenang Menulis Kreatif berhadiah Raja Ampat, juara Blogger Perempuan 2016, juara #HISAustraliaTrip ke Australia, juara Sekolah Relawan dan lainnya. Ia juga memiliki beberapa karya yang diterbitkan oleh Elex Media Computindo dengan judul Tegar Kekuatan dalam Keterpurukan dan buku Perempuan, Cerita dan Cinta.

Setelah itu, ia menjadi bagian dari lembaga sosial besar di Indonesia yang juga memotret banyak ketimpangan di masyarakat. Pindah ke Klaten, ia melihat beragam permasalahan perempuan dan anak di Klaten cukup kompleks seperti kekerasan terhadap perempuan dan anak, stunting, HIV/AIDS dan bullying terhadap anak.

“Memang kompleksitas dan sensitifitas isu-isu yang menyangkut kaum hawa cukup tinggi, maka aleg harus berada di garda terdepan untuk memperjuangkan hal tersebut”ujar perempuan yang pernah menjadi wisudawan terbaik jurusan Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat IPB ini.

Lingga juga mengatakan, pentingnya transparansi dan akuntabilitas terhadap kerja-kerja anggota dewan. Hal ini berdasarkan pengalamannya sebagai wartawan yang kerap kali membahas isu-isu sosial dan politik yang memerlukan transparansi dan akuntabilitas.

“Untuk itu, sebagai langkah nyata menggaungkan transparansi, saya membuka laporan keuangan saat kampanye, dari mana sumbernya, dan bagaimana penggunaannya, dapat diakses di www.linggapermesti.com,”ujar Lingga yang juga merupakan perempuan penghafal Alquran di salah satu rumah tahfidz di Ceper, Klaten.

Selain isu perempuan dan transparansi, ia menekankan pemberdayaan masyarakat dengan menampung aspirasi dalam segala bidang. Menurutnya juga penting memberikan perhatian serius terhadap isu pangan, pekerjaan dan kesehatan.

“Semua janji kampanye akan sejalan dengan kampanye PKS yakni bagaimana Pangan Murah, Kerja Gampang dan Sehat Mudah. Untuk Pangan murah jika PKS menang, gudang pangan murah di tiap desa dan kelurahan. Kerja Gampang dengan membuka lapangan kerja baru berupa kolaborasi ekonomi kreatif di Klaten. Yang ketiga adalah Sehat Mudah, jika PKS menang maka tunggakan iuran BPJS dihapuskan,” ujarnya.

Perempuan yang aktif di bidang sosial ini juga mengatakan, jika selama ini ia bermanfaat untuk 10-100 orang saja, dengan menjadi anggota legislatif, ia bisa mengadvokasi lebih banyak masyarakat melalui kebijakan yang dihasilkan.

Saat ini Lingga Permesti merupakan founder agensi media Be Creative Media yang beralamat di Klaten. Ia juga kini aktif menjadi pengurus yayasan yang bergerak dalam bidang sosial dan kemanusiaan di Klaten. (*)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 63 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Coblos Surat Suara Sisa, Petugas KPPS Jambi Dipidana

24 Februari 2024 - 22:57 WIB

Cabuli Anak Tirinya, Pria 40 Tahun di Bondowoso Ditangkap

24 Februari 2024 - 17:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Perayaan Cap Go Meh Singkawang 2024

24 Februari 2024 - 17:13 WIB

Atraksi Tatung Perayaan Cap Go Meh 2575 di Sungai Kakap

24 Februari 2024 - 16:20 WIB

Kapolres Situbondo Pimpin Penggerebekan Judi di Eks Lokalisasi GS

24 Februari 2024 - 06:53 WIB

Subhanallah, Pria di Situbondo Meninggal Saat Sujud Shalat Ashar Berjamaah di Masjid

24 Februari 2024 - 06:40 WIB

Trending di Daerah