Menu

Mode Gelap

Nasional · 16 Nov 2016 20:28 WIB ·

Logo Celurit dan Palu Pada Uang Rp 100 Ribu, Ini Kata Bank Indonesia


					Warga Menunjukan Logo Palu dan Celurit Perbesar

Warga Menunjukan Logo Palu dan Celurit

PROBOLINGGO, REPORTASE – Logo palu dan clurit pada uang pecahan Rp100 ribu yang menjadi perbincangan masyarakat belakangan ini, dibantah oleh pihak Bank Indonesia (BI).

Lambang tersebut tetap merupakan bagian lambang BI yang menjadi ciri pengamanan uang.

Gambar palu dan clurit yang berada di pecahan uang Rp100 ribu tersebut menjadi viral di media sosial sejak beberapa minggu terakhir.

“ Bank Indonesia menegaskan bahwa informasi atau penafsiran tersebut tidak benar,”kata kepala Bank Indonesia (BI) perwakilan Malang, Dudi Herwadi, saat dihubungi via selulernya Selasa (16/11).

Menurutnya, dalam melaksanakan tugas pokok di bidang pengedaran uang, Bank Indonesia senantiasa berupaya agar uang Rupiah yang dikeluarkan dan diedarkan memiliki ciri pengaman yang cukup mudah dikenali masyarakat sekaligus melindungi uang dari unsur pemalsuan.

Dudi menambahkan, salah satu unsur pengaman yang ada dalam uang Rupiah adalah gambar saling isi atau Rectoverso. Unsur pengaman ini telah digunakan oleh Bank Indonesia sejak tahun 1995. Rectoverso adalah suatu teknik cetak khusus pada uang kertas yang membuat sebuah gambar berada di posisi yang sama dan saling membelakangi di bagian depan dan belakang.

“Apabila dilihat tanpa diterawang, gambar akan terlihat seperti ornamen yang tidak beraturan. Namun apabila diterawang, Rectoverso akan membentuk sebuah gambar yang utuh,” terangnya.

Jika diterawang, Rectoverso pada uang Rupiah akan membentuk lambang BI. Menurut Dudi  Rectoverso tidak dirancang untuk membentuk atau dimaknai sebagai gambar atau simbol lain, selain lambang BI. (DW)

Komentar

Baca Lainnya

Bawa Sajam Saat Konvoi, Puluhan Anggota PSHT Diamankan

12 Juli 2024 - 17:16 WIB

Warga Usir Truck Tangki Bermuatan Limbah

12 Juli 2024 - 17:11 WIB

Andri Tedjadharma : Bukan Centris Pengemplang BLBI tapi Bank Indonesia Mengemplang Centris !!!

11 Juli 2024 - 20:48 WIB

Gerebek Rumah Warga, Tim Opsnal Polres Situbondo Amankan 348 Botol Miras

11 Juli 2024 - 20:47 WIB

Mangkal Disiang Bolong, 2 PSK Terjaring Razia Satpol PP

11 Juli 2024 - 18:41 WIB

Wagub Jambi Lepas Dua Paskibraka Nasional pada HUT RI ke-79 di IKN

11 Juli 2024 - 14:14 WIB

Trending di Daerah