Menu

Mode Gelap

Internasional · 21 Okt 2021 11:41 WIB ·

Lomba Global IT Challenge for Youth Remaja Disabilitas


					Lomba Global IT Challenge for Youth Remaja Disabilitas Perbesar

Seoul, Reportasenews – Babak final lomba Global IT Challenge for Youth (GITC) remaja disabilitas  yang kesepuluh diselenggarakan secara online di Glad Hotel, Yeouido, Seoul, dari tanggal 20 sampai tanggal 21 Oktober 2021.

385 peserta dan 79 chaperones dari 13 negara, termasuk negara-negara Asia Timur seperti Korea dan Cina, Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Tengah dan Africa, akan berpartisipasi di dalam GITC.  Para peserta penyandang disabilitas penglihatan, pendengaran, fisik dan developmental ini, semuanya pintar dalam TI dan mereka sudah menyelesaikan pembelajaran eLearning secara online dan lolos dari babak penyisihan pada 17-18 Juni 2021.

Sebelum pandemi, GITC diselenggarakan secara tatap muka di beberapa negara, dimulai di Vietnam tahun 2011 dengan tujuan meningkatkan kemampuan remaja penyandang disabilitas dibidang IT dan untuk bersosialisasi antar mereka.

Tahun lalu, dikarenakan pandemi Covid 19, maka lomba diundurkan pada tahun 2021, sehingga tahun 2020 tidak ada lomba GITC.   Panitia GITC mengembangkan platform (http://www.globalitchallenge.com) yang memungkinkan untuk belajar sendiri dan berpartisipasi dari daerah yang terpencil. Mengingat situasi dari beberapa negara, maka system operasional disesuaikan untuk dilakukan secara daring.

Pada lomba kali ini para peserta menggunakan perangkat IT masing masing sehingga lomba bisa di ikuti dari rumah, sekolah, atau tempat lainnya sesuai dengan protokol Kesehatan di negara masing2.

Lomba secara online ini hampir tidak ada bedanya dengan lomba tatap muka.  GITC dirancang untuk membantu remaja penyandang disabilitas yang dalam kesehariannya sering dilupakan dalam sistem pendidikan  dan partisipasi sosial, terutama pada masa pandemi ini.

Acara pembukaan melalui Zoom dibuka pada Rabu, 20 Oktober 2021, pukul 12.00 WIB (atau pukul 14.00 waktu Korea). Lomba akan dimulai dengan mengevaluasi kemampuan untuk membuat slides powerpoint; eTool Excel yang menilai kemampuan untuk menggunakan formula-formula Excel dan eLifeMap yang mengevaluasi kemampuan menggunakan atau mencari informasi melalui internet.

Pada hari Kamis 21 Oktober, karya karya terbaik dari para peserta eContents dan eCreative akan ditayangkan.  Para peserta mengerjakan lomba ini dari tgl 27 September sampai dengan tanggal 12 Oktober.

eContents mengevaluasi kemampuan dan kreativitas para peserta untuk membuat video dan kemampuan menggunakan beberapa program video dan produksi teknologi. Tema eContents adalah: Visi GTIC, Menuju Kompetisi yang terkenal secara internasional.

eCreative mengevaluasi kemampuan para peserta dalam membuat coding utk mobil balap otonom (robotik).

Hadiah utk pemenang pertama sampai ketiga dari empat masing masing ragam disabilitas sebesar UsD 300, USD 200 dan USD 100, dari Organising Committee Award.  Juara Umum dan Chaperonenya akan menerima hadiah USD 300 dan USD 200 dari LG Electronics Award.  Dua chaperones yang berkontribusi luar biasa dan bekerja sama untuk mensukseskan acara ini juga akan menerima hadiah.

Lomba ini mendapatkan sponsor dari Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan, LG Electronics serta Rehabilitasi Internasional Korea. Kegiatan ini akan ditayangkan secara langsung melalui YOUTUBE.(*)

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 116 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Pasutri Asal Balaikarangan Jual Narkoba di Pontianak, Dibekuk Polisi

29 November 2021 - 20:56 WIB

Propam Polres Situbondo, Akan Lakukan Penyelidikan Mobil Patroli Tabrak Bocah 7 Tahun 

29 November 2021 - 16:07 WIB

Polda Banten akan Gelar Swab Test di Pos Pengamanan Nataru

29 November 2021 - 13:40 WIB

Kemenkes: Penerapan PPKM Level III untuk Lindungi Masyarakat dari Ancaman Gelombang Ketiga

29 November 2021 - 12:42 WIB

Antisipasi Varian Baru Omicron Masuk, Pemerintah Perketat Pintu Masuk Internasional

29 November 2021 - 12:25 WIB

Putra Almarhum Arifin Ilham Muhammad Ameer Meninggal Dunia

29 November 2021 - 11:00 WIB

Trending di Nasional