Menu

Mode Gelap

Daerah · 6 Jul 2023 21:30 WIB ·

Lupa Matikan Kompor, Rumah Warga Situbondo Hangus Terbakar


					Lupa Matikan Kompor, Rumah Warga Situbondo Hangus Terbakar Perbesar

Kondisi rumah warga yang terbakar.

 

Situbondo, reportasenews.com – Sebuah rumah semi permanen milik Aris (33) warga Dusun Timur Curah, Desa Kedungdowo, Kecamatan Arjasa, Situbondo hangus terbakar dilalap si jago merah. Itu terjadi lantaran istrinya lupa mematikan kompor gas di dapurnya, Kamis (6/7/2023).

Meski tidak ada korban jiwa maupun korban luka, namun peristiwa kebakaran yang disertai bunyi ledakan itu, mengakibatkan rumah semi permanen milik korban mengalami rusak berat. Bahkan, sebagian perabotnya juga hangus terbakar, dengan kerugian materi diperkirakan mencapai Rp40 juta.

Diperoleh keterangan, sebelum rumah dan sebagian perabotnya hangus terbakar, Hasanah (29), istri korban sedang menggunakan kompor gas di dapurnya. Namun, saat ditinggal keluar rumah untuk berbelanja sekitar 15 menit, tiba-tiba dari dapur korban muncul asap tebal.

Mendapati ada kepulan asap tebal yang disertai munculnya kobaran api di rumah tetangganya, Misroto (64) salah seorang tetangganya langsung berteriak minta tolong. Sehingga puluhan warga sekitar yang datang ke lokasi kejadian, mereka langsung memadamkan kobaran api mengunakan alat seadanya.

Namun, karena saat kejadian angin bertiup sangat kencang, sehingga kobaran api cepat membakar rumah korban yang terbuat dari papan kayu. Kobaran api baru dapat dipadamkan sekitar 1 jam setelah kejadian. Itupun. setelah satu unit mobil Damkar milik Pemkab Situbondo.datang ke lokasi kejadian.

“Saya kaget melihat kepulan asap tebal, sehingga saya langsung berteriak minta tolong, sebagian warga menghubungi petugas Damkar. Sebab, jika tidak segera dipadamkan, kobaran api akan merembet ke rumah warga yang lain,”ujar Misroto.

Puryono koordinator Pusdalop BPBD Kabupaten Situbondo mengatakan, berdasarkan pengakuan korban Aris, penyebab kebakaran karena istri korban lupa untuk. mematikan kompor gas. Saat ditinggal berbelanja untuk kebutuhan hidupnya setiap hari.

“Oleh karena itu, agar kasus serupa tidak terulang lagi, saya menghimbau kepada warga Situbondo, untuk mematikan kompor gasnya saat hendak keluar rumahnya,”kata Puryono. (fat)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Hindari Tabrakan, Truck Box Terguling di Jalur Pantura Situbondo

12 Juni 2024 - 21:13 WIB

18 Ruko di Pasar Sambas Terbakar Hebat

12 Juni 2024 - 20:43 WIB

Tak Bayar Uang Sewa 6 Unit Mobil Rental Rp133 juta, Kades Bungatan Situbondo Dipolisikan

12 Juni 2024 - 19:48 WIB

Banting Setir Bakul Wedus Idul Adha, Dulu Wartawan Media Online di Madiun

12 Juni 2024 - 19:44 WIB

Bandar Narkoba Diciduk di Penginapan Mekar Sari

12 Juni 2024 - 18:48 WIB

Satgas Pamtas RI-Malaysia Gagalkan Penyelundupan Sisik Trenggiling

12 Juni 2024 - 18:41 WIB

Trending di Daerah