Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Nasional · 29 Nov 2023 16:35 WIB ·

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Diminta Kritis Terhadap Buku-buku yang Miliki Konten Radikal


					Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Diminta Kritis Terhadap Buku-buku yang Miliki Konten Radikal Perbesar

Diskusi umum barang bukti buku tindak pidana terorisme yang digelar di Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. (Foto/Istimewa).

 

Yogyakarta, reportasenews.com  – Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta diajak lebih kritis terhadap buku-buku bacaan yang kemungkinan disusupi narasi paham radikalisme.

Dengan sikap kritis terhadap buku bacaan itu diharapkan mahasiswa yang merupakan generasi muda, dapat memiliki daya tangkal dan daya cegah terhadap paham radikalisme serta terorisme.

 

Ajakan itu disampaikan dalam diskusi umum barang bukti buku tindak pidana terorisme yang digelar di Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

“Buku-buku ini meracuni pelajar dan mahasiswa untuk menjadi radikal dan menjadi teroris. Dan ini sebagai upaya kita untuk generasi muda supaya memiliki daya tangkal dan mencegah radikalisme dan terorisme di tanah air,” kata Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT Irjen Pol Ibnu Suhaendra, dikutip Rabu (29/11/2023).

Ibnu menjelaskan, acara diskusi umum sebagai kritik terhadap buku seri materi Tauhid For the Greatest Happiness karangan Abu Sulaiman Aman Abdurrahman. Hal itu merupakan tindak lanjut atas putusan pengadilan yang menyatakan bahwa buku-buku sitaan yang memiliki konten radikal terorisme harus dilakukan analisa dan kajian.

Di mana hasilnya dapat dimanfaatkan untuk melakukan kontra terhadap ideologi terorisme.

Dia mengatakan, buku tersebut menjadi semacam alat perekrutan untuk menyasar generasi muda yang masih belum stabil, dan dalam proses pencarian jati diri. (*)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Politikus Golkar Siap Maju Menjadi Calon Walikota Binjai

2 Maret 2024 - 09:39 WIB

UKMK Sawit Sm-art Batik Berikan Edukasi Batik Sawit ke Pengunjung WNI dan WNA di INACRAFT 2024.

2 Maret 2024 - 08:07 WIB

Jadi Narasumber Semarak UKMK Sawit BPDPKS di Medan, CEO Sm-art Batik Ceritakan Perjalanan Pengembangan Industri Batik Sawit

2 Maret 2024 - 07:59 WIB

Diwarnai Aksi Protes, Ketua KPU Situbondo Optimis Rekap Pemilu 2024 Rampung Tepat Waktu

1 Maret 2024 - 22:09 WIB

Gegara Tak Dipinjami Ambulance, Warga Situbondo Meninggal

1 Maret 2024 - 18:57 WIB

Penuhi Panggilan Tim Penilai ASN, Imam Hidayat Bantah Terlibat Politik Praktis

1 Maret 2024 - 17:42 WIB

Trending di Daerah