Menu

Mode Gelap

Internasional · 12 Jun 2017 11:55 WIB ·

Memahami Kenapa Saudi Begitu Murka Kepada Al Jazeera Milik Qatar


					Syudio utama didalam Al Jazeera di Doha Qatar Perbesar

Syudio utama didalam Al Jazeera di Doha Qatar

Turki, reportasenews.com – Kemarahan Saudi tidak lepas dari peran media milik penguasa Qatar yakni Al Jazeera. Sehingga bisa disebut nilai antara “Qatar” dan “Al Jazeera” disatukan dalam sepaket kemarahan Saudi. Kesannya seolah, gara-gara Al Jazeera itulah menjadi kesalahan tunggal untuk membuang Qatar.

Lantas duduk perkaranya seperti apa sehingga antara sebuah lembaga media dan sebuah negara (yakni Qatar) menjadi sepaket kesalahan dimata Saudi?

Kantor berita TRT Turki melakukan wawancara kepada pengamat media, Tarek Cherkaoui, untuk memahami akar masalah kenapa kemarahan itu bisa terjadi sehingga terjadi pemutusan hubungan diplomatik seperti diringkas dalam penjelasan dibawah ini.

Sejak didirikan lebih dari dua dekade yang lalu, jaringan berita Al Jazeera telah menjadi pusat usaha Qatar kecil untuk menantang hegemoni Arab Saudi atas dunia berbahasa Arab. Peran Saudi sangat dominan menguasai negara arab.

Konsep Al Jazeera bukanlah buah pemikiran di Qatar. Sebenarnya, ini adalah hasil dari sebuah organisasi media bernama “Orbit” yang ingin diluncurkan Arab Saudi bersama dengan BBC (British Broadcasting Corporation) pada tahun 1993.

Namun gagasan tersebut dibatalkan setelah BBC menyiarkan beberapa berita kontroversial mengenai keluarga kerajaan Saudi yang membuat kesal.

BBC telah melatih banyak wartawan pada saat itu. Mereka sudah siap untuk memulai proyek tersebut saat gagasan tersebut mendadak dibatalkan.

Pemimpin Qatar lalu melihat sebuah kesempatan dari pembatalan proyek itu, dan meminta para jurnalis tersebut untuk datang dan bekerja untuk organisasi berita sendiri yang disebut Al Jazeera. Jadi, dapat terlihat bahwa sejak hari pertama, memang ada persaingan antara Qatar dan Arab Saudi dalam proyek itu sendiri.

Pada tahun 1970an dan 80an, Qatar pada dasarnya adalah negara bawahan Arab Saudi. Kebijakan luar negeri Doha adalah apa yang diputuskan Riyadh. Itu berubah ketika Sheikh Hamad bin Khalifa al Thani berkuasa (dalam kudeta tak berdarah tahun 1995). Qatar memutuskan untuk melihat melampaui Arab Saudi untuk apa pun yang sesuai dengan kepentingan nasionalnya.

Jadi Al Jazeera adalah salah satu dari banyak proyek yang dimulai pada saat itu. Ada juga komponen pendidikan dan budaya untuk transformasi itu. Ini adalah proyek multilayer yang bercita-cita untuk memberi Qatar posisi tinggi di antara bangsa-bangsa.

Independensi dalam kebijakan luar negeri ini tidak dihargai oleh Arab Saudi. Qatar melihat bahwa Arab Saudi tidak akan maju. Riyadh stagnan, kaku, dengan sistem pendidikan yang buruk dan tidak ada usaha modernisasi di bidang teknologi.

Sebagai negara merdeka, Qatar mendapat tekanan luar biasa dari negara tetangganya. Misalnya, ada percobaan kudeta pada akhir 1995 dan awal 1996 yang didukung oleh Arab Saudi dan UEA. Kudeta tersebut ditujukan untuk menggantikan Hamad dengan ayahnya yang lebih patuh.

Tindakan rahasia tersebut memicu reaksi dari negara Qatar untuk segera mengamankan keamanan dalam negerinya sendiri.

Al Jazeera dalam dua dekade lantas tumbuh menjadi media yang paling populer di dunia Arab. Mereka karena mengikuti standar jurnalistik yang tepat. Itu adalah berita Arab yang unik, yang memberikan analisis berdasarkan fakta, dan bukti yang menguatkan dan benar-benar melaporkan hal-hal yang terjadi di lapangan.

Tidak seperti organisasi berita lain yang hanya mereplikasi apa yang ingin dikatakan oleh para penguasa. Untuk pertama kalinya orang Arab memiliki akses terhadap orang-orang yang bisa mengatakan hal-hal yang berbeda dari jalur resmi.

Dimedia Al Jazeera siapapun dapat berdiskusi dan berdebat mengenai berbagai topik seperti korupsi dan pelecehan hak asasi manusia.

Orang-orang yang diberi airtime terbanyak adalah mewakili kelompok Islam, yang berada di sebelah kiri, dan suara pembangkang. Jadi semua ini terjadi untuk pertama kalinya di dunia Arab, yang menyebabkan kesuksesan Al Jazeera.

Apakah Al Jazeera dengan sengaja mempromosikan demonstrasi publik selama pemberontakan Arab?

Tidak ada yang sengaja membuat itu. Al Jazeera menayangkan apa yang terjadi di lapangan, di Tunisia, Mesir dan Libya. (Berita itu) bukan rekayasa mereka sendiri. Wartawan Al Jazeera lantas pergi ke tempat demonstrasi berlangsung dan hanya meliputnya.

(Saluran media) hanya menjalankan tugas jurnalistiknya. Memang mereka tidak sempurna. Terkadang hal itu mungkin memberi lebih banyak waktu untuk satu peristiwa dibandingkan dengan yang lain. Tapi secara umum cakupannya jauh lebih baik dari yang lain.

Pangeran Alwaleed Bin Talal, pangeran dan pengusaha Saudi, merangkum perbedaan itu dengan sangat baik: “Al Jazeera adalah saluran massa, dan Al Arabiya adalah saluran para penguasa.” ( Al Arabiya adalah saluran TV di Saudi)

Tapi apakah Al Jazeera selalu tidak memihak?
Ya, liputan Al Jazeera sebagian dalam beberapa kasus. Mari mulai dengan mengatakan bahwa Al Jazeera adalah salah satu pemain berita utama di konflik Arab. Mereka memberi suara “kepada yang tak bersuara”, yang berarti semua orang yang menghadapi bahaya besar untuk menghapus kediktatoran di tempat-tempat seperti Libya, Tunisia dan Mesir.

Al Jazeera adalah kunci untuk membawa kejadian tersebut ke dalam kehidupan bagi pemirsa di mana-mana di dunia Arab dan sekitarnya. Mungkin ada argumen tentang liputan kejadian di Bahrain atau Oman. Tapi tidak seperti tidak ada liputan, keunggulan liputannya beragam.

Dan juga tidak seperti Al Jazeera yang menyebarkan disinformasi, atau memutarbalikkan fakta. Al Jazeera memang meliput apa yang terjadi tapi tidak memberi hal yang sama dipemberontakan 2011 di Bahrain.

Apa yang kita lihat sekarang terjadi adalah kelebihan regional yang mewakili sebuah kontra-revolusi. Jadi orang-orang yang kembali berkuasa di Mesir dan Libya didukung oleh Arab Saudi dan UEA. Oleh karena itu, ada kebencian terhadap Al Jazeera ini, karena mereka menganggapnya memiliki potensi yang luar biasa untuk dipakai corong gerakan oposisi.

Apakah Al Jazeera berada di bawah pengaruh Ikhwanul Muslimin?
Al Jazeera membuka pintu bagi para jurnalis dari seluruh penjuru dunia Arab. Ada orang yang bergabung dari berbagai agama dan latar belakang politik.

Beberapa berafiliasi dengan kiri, sementara yang lainnya dikenal karena hubungannya dengan Ikhwanul Muslimin atau organisasi Islam lainnya. Pada tahap tertentu, saya dapat mengatakan ada beberapa pengaruh [Ikhwanul Muslimin] dalam pengambilan keputusan, tapi saya rasa pengaruhnya terus berlanjut dari waktu ke waktu.

Apakah Saudi dan Emiratis mewaspadai perbedaan pendapat publik tapi Qatar tidak?
Ketika datang ke Arab Saudi dan UEA, masalahnya bukan hanya dengan protes atau pertentangan publik. Mereka tidak menginginkan adanya wacana oposisi.

Itulah mengapa mereka melawan Al Jazeera sejak awal, karena jaringan tersebut mengundang tamu yang mewakili pendapat berbeda. Orang Saudi hanya menginginkan pandangan mereka sendiri. Pemikiran mereka adalah “Anda bersama kita, atau melawan kita.”

Saya tidak mengatakan kebebasan pers di Qatar itu sempurna. Tapi kita bisa berbeda sejauh itu. Tingkat toleransi di Saudi adalah nol. (Hsg)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 628 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Sebagai Pendatang Baru Tim StreetSoccer DKI Jakarta Langsung Juarai FORMI VI Palembang

5 Juli 2022 - 23:18 WIB

Harga Cabai Rawit di Situbondo Tembus Rp120 Ribu Perkilogram

5 Juli 2022 - 20:27 WIB

Jamasan Pusaka Sakral, Jelang Hari Jadi Ngawi Ke 664 Tahun

5 Juli 2022 - 20:22 WIB

Pemegang Saham PWON Bakal Terima Deviden Senilai Rp 4 Per Saham

5 Juli 2022 - 20:10 WIB

Gali Potensi Wisata Kalbar Demi Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Desa

5 Juli 2022 - 17:28 WIB

TP2DD Kota Pontianak Dorong Pertumbuhan Digitalisasi Transaksi Daerah

5 Juli 2022 - 17:13 WIB

Trending di Daerah