Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Nasional · 9 Feb 2021 09:52 WIB ·

Menteri ATR/Kepala BPN Siap Bantu Pendaftaran Tanah Wakaf


					Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil saat menerima kunjungan tiga orang Pengurus Wilayah (PW) Persatuan Islam (Persis) Provinsi Jawa Barat. Perbesar

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil saat menerima kunjungan tiga orang Pengurus Wilayah (PW) Persatuan Islam (Persis) Provinsi Jawa Barat.

Jakarta, Reportasenews – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil didampingi oleh Sekretaris Jenderal, Himawan Arief Sugoto dan Direktur Jenderal (Dirjen) Penataan Agraria, Andi Tenrisau menerima kunjungan tiga orang Pengurus Wilayah (PW) Persatuan Islam (Persis) Provinsi Jawa Barat.

Ketiganya adalah Ketua PW Persis Provinsi Jawa Barat, H. Iman Setiawan Latief; Ketua Bidang Garapan (Bidgar) Dakwah PW Persis Provinsi Jawa Barat, H. Endang Sirojudin Hafidz; serta Ketua Bidgar Kominfo PW Persis Provinsi Jawa Barat, Muchsin Al Fikri.

Ketua PW Persis Provinsi Jawa Barat mengatakan bahwa kedatangan PW Persis Provinsi Jawa Barat menemui Menteri ATR/Kepala BPN utamanya adalah silaturahmi dan mengundang Menteri ATR/Kepala BPN untuk menyampaikan wawasannya mengenai kebangsaan terutama pertanahan.

“Selain itu, kami juga ingin beraudiensi mengenai tanah wakaf. Kami infokan bahwa Persis memiliki tanah 1.200 bidang di Provinsi Jawa Barat dan yang terdaftar baru setengahnya,” ungkap H. Iman Setiawan di Ruang Rapat Menteri ATR/Kepala BPN, Senin (08/02/2021).

Menteri ATR/Kepala BPN mengatakan bahwa kegiatan pendaftaran tanah wakaf sedang berlangsung hingga saat ini. Selain itu, Kementerian ATR/BPN juga sudah membuat aturan mengenai hal tersebut.

“Banyaknya permasalahan tanah wakaf, terutama dengan ahli waris, membuat Presiden sudah memerintahkan Kementerian ATR/BPN untuk mempercepat pendaftaran tanah wakaf. Karena tanah wakaf ini harta dari Tuhan,” ujar Sofyan A. Djalil.

Menteri ATR/Kepala BPN menambahkan bahwa Kementerian ATR/BPN siap membantu pendaftaran tanah wakaf yang dikuasai oleh PW Persis Provinsi Jawa Barat.

“Untuk itu, kita bantu penyertipikatan tanah-tanah PW Persis Provinsi Jawa Barat,” ujar Sofyan A. Djalil.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Bidgar Dakwah PW Persis Provinsi Jawa Barat, H. Endang Sirojudin Hafidz juga menanyakan mengenai Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Menurutnya banyak anggota Persis yang belum mengetahui PTSL, sehingga banyak bertanya kepada pengurus Persis, khususnya PW Persis Provinsi Jawa Barat.

“Anggota Persis banyak yang menonton televisi saat Presiden membagikan sertipikat gratis dan mereka juga ingin mendapat sertipikat tanah seperti yang mereka lihat di televisi,” kata H. Endang Sirojudin Hafidz.

Merespon hal tersebut, Sekretaris Jenderal mengutarakan bahwa PTSL merupakan program pemerintah yang saat ini masih berlangsung dan dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia.

“Kegiatan PTSL ini tidak dilakukan secara sporadis dan apakah PTSL juga menjangkau wilayah anggota Persis di Provinsi Jawa Barat, agar dapat berkomunikasi dengan kepala kantor pertanahan setempat. Karena sebelum dilaksanakan PTSL, kantor pertanahan kami menetapkan lokasi PTSL atau Penlok. Apakah masuk ke wilayah anggota Persis Provinsi Jawa Barat, bisa bertanya ke kepala kantor pertanahan,” ujar Himawan Arief Sugoto.

“Target kita adalah mendaftarkan seluruh tanah, tetapi banyak tanah yang belum bersertipikat. Untuk itu, pendekatannya adalah desa per desa. Kadang-kadang jika desanya besar sekali, kita melalui RW sehingga seluruh bidang dapat sertipikatkan. Jika masuk dalam penlok, seluruh bidang tanah akan kita daftarkan. Akan tetapi jika memang tidak masuk penlok dapat diajukan tahun berikutnya,” pungkas Menteri ATR/Kepala BPN. (RH/MA)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Presiden Jokowi Harus Tau Ada Bank dalam Bank di Tubuh Bank Indonesia dalam Kasus Bank Centris

8 April 2024 - 11:40 WIB

Urai Kemacetan, Dirlantas Polda Banten Lakukan Rekayasa Lalu Lintas Delay Syatem

6 April 2024 - 22:41 WIB

Jurus Mabok Kemenkeu dalam Kasus Bank Centris

4 April 2024 - 21:58 WIB

Jelang Arus Mudik Lebaran, Kakorpolairud Cek  Kesiapan Pelabuhan Bakauheni dan Merak

29 Maret 2024 - 22:38 WIB

Digugat 11 Triliun, Bank Indonesia & Kemenkeu Mangkir di Sidang Perdana

28 Maret 2024 - 12:44 WIB

ASN Pemprov Papua Tuntut Pencopotan Pj Gubernur Papua dan Pj Sekda Papua

26 Maret 2024 - 17:07 WIB

Trending di Nasional