Menu

Mode Gelap

Internasional · 25 Nov 2016 10:13 WIB ·

Militer Malaysia Tepis Pencaplokan Wilayah Perbatasan di Temajok


					Panglima Divisi 1 TDRM Mayjen Carol Stephen kunjungi Temajok (Foto: DS) Perbesar

Panglima Divisi 1 TDRM Mayjen Carol Stephen kunjungi Temajok (Foto: DS)

TEMAJUK, REPORTASE – Isu pencaplokan wilayah di sekitar perbatasan Indonesia oleh Malaysia ditepis pemerintah dua negara bertetangga ini.

Sebelumnya, isu pencaplokan wilayah perbatasan di Kalimantan Barat kembali panas, setelah pemerintah Malaysia di klaim membangun 14 bangunan villa semi permanen di kawasan zona bebas sekitar 20 meter dari patok A52 di Desa Camar Bulan, Temajuk, Kabupaten Sambas.

Di lahan ini, pemerintah Malaysia juga menanami lahan dengan tanaman buah-buahan jenis Matoa dan beberapa jenis tanaman buah lainnya.

Bangunan ini telah mulai dikerjakan selama 4 bulan ini. Dan para pekerja bangunan villa ini adalah warga Indonesia yang diupah pihak perusahaan Malaysia.

Masyarakat setempat di sekitar pembangunan Villa ini tidak diketahui masyarakat bahkan tidak pernah diberikan izin atas pendirian bangunan villa ini di dekat perbatasan Indonesia.

Untuk meredam isu yang sempat mencuat ini, Komandan Korem 121/Abw Brigadir Jenderal TNI Widodo Iryansyah menerima kunjungan kerja Panglima Divisi 1 Inf Mayjen Carol Stephan Wundo beserta rombongan di Pos Pamtas Temajuk, Kamis kemarin (24/11).

“Kegiatan kunjungan kerja Panglima Divisi 1 Inf ke Temajuk bertujuan untuk bersillaturahmi dan menjalin hubungan kerja sama yang selama ini sudah terbina dengan baik antara Indonesia kususnya TNI dengan TDM Malaysia,” kata Kepala Penerangan Korem 121/Abw, Mayor Arm Sumaji.

Saat kunjungan pihak militer Malaysia ini,  Danrem 121/Abw yang di dampingi oleh Asops Kodam XII/Tpr, Aslogdam XII/Tpr, Danbekangdam XII/Tpr, Kasiopsrem 121/Abw, Kasiintelrem 121/Abw, Wadan Satgas, Danramil 05/Plh serta  tokoh masyarakat Temajuk.

“Selama ini kerjasama militer antara RI- Malaysia sudah terjalin dengan baik. Ini yang harus kita pertahankan bersama mengingat kita adalah dua negara yang berbatasan langsung déngan wilayah daratan,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa isu yang beredar tentang pencaplokan wilayah RI oleh Malaysia adalah tidak benar.

Adapun selama kegiatan di pos Temajuk adalah melaksanakan ramah tamah, penyerahan cindera mata oleh Wadan Satgas Pamtas 131/Brs kepada Panglima Divisi 1 Inf Malaysia, dan penyerahan bingkisan oleh Pangdiv 1 Malaysia kepada Wadan Satgas Pamtas 131/Brs. (ds)

Komentar

Baca Lainnya

Tertimpa Pohon Tumbang, 2 Rumah Kakak Beradik di Situbondo Rusak Berat

14 Juli 2024 - 21:18 WIB

DuaGudang Terbakar di Situbondo, Kerugian Materi Mencapai 45 juta

14 Juli 2024 - 21:14 WIB

Ae Mutu Air Tiga Rasa, Nikmati Keindahan Alam dan Budaya di Gunung Kelimutu

14 Juli 2024 - 21:08 WIB

Masa Jabatan Kades Jadi 8 Tahun, Apdesi Situbondo Gelar Syukuran

13 Juli 2024 - 16:23 WIB

Keroyok Seorang Perempuan, Bapak dan Anak di Situbondo Dipolisikan

12 Juli 2024 - 22:10 WIB

Bawa Sajam Saat Konvoi, Puluhan Anggota PSHT Diamankan

12 Juli 2024 - 17:16 WIB

Trending di Daerah