Menu

Mode Gelap

Daerah · 24 Apr 2024 19:55 WIB ·

MUI Situbondo Tolak Wacana Eks Lokalisasi GS Dirubah Wisata Karaoke


					MUI Situbondo Tolak Wacana Eks Lokalisasi GS Dirubah Wisata Karaoke Perbesar

Ketua MUI Situbondo Habib Muhammad.

 

Situbondo, reportasenews.com – Dewan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (DP MUI) Situbondo, menolak dengan tegas rencana Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pemkab Situbondo, untuk merubah eks lokalisasi Gunung Sampan (GS) Desa Kotakan, Kecamatan Kota, Situbondo menjadi wisata karaoke.

Pasalnya, perubahan nama menjadi wisata karaoke itu, tidak akan menghilangkan image negatif eks lokalisasi GS, yang dikenal sebagai lokalisasi terbesar di Kota Situbondo. Bahkan, MUI mengkhawatirkan wisata karaoke akan menjadi tempat prostitusi terselubung.

“Kami belum diajak rembuk rencana perubahan eks lokalisasi GS menjadi wisata karaoke. Meski demikian, kami menilai perubahan nama tidak akan menghilangkan praktik prostitusi di tempat tersebut,”ujar Habib Muhammad Abu Bakar Al Muhdar, ketua DP MUI Kabupaten Situbondo, Rabu (24/4/2024).

Menurutnya, pihaknya khawatir pergantian nama itu, akan menambah maraknya praktik prostitusi di eks lokalisasi GS. Sehingga makin sulit untuk dikontrol keberadaannya.

“Jadi untuk sementara, kami setidak bisa memutuskan, tapi pandangan kami keduanya sama-sama negatif. Kami khawatir jika dirubah menjadi wisata karaoke, eks lokalisasi GS menjadi tepat prostitusi terselubung,”bebernya.

Lebih jauh Habib Muhammad menegaskan, meski dirubah menjadi karaoke itu, eks lokalisasi GS tetap menjadi tempat kemungkaran.
Oleh karena itu, pihaknya akan tetap mengkaji dan berkomunikasi dengan Pemkab Situbondo, sebelum akhirnya mengeluarkan fatwa jika diperlukan.

“Kami tidak bisa mengeluarkan fatwa begitu saja, kami akan mengkaji dahulu dan berkoordinasi dengan dinas terkait terkait, jika memang perubahan itu dilaksanakan kemudian semakin berdampak kemungkaran, Maka jika diperlukan kami akan keluarkan fatwa Haram terkait wisata karaoke tersebut,”pungkasnya. (fat)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Indra Maulana Ditemukan Tewas Setelah Terjatuh dari Tongkang

3 Mei 2024 - 20:21 WIB

Konsumen Toyota Sebut Sistem Suspensi Innova Barunya Cacat Produksi dan Tidak Aman

3 Mei 2024 - 20:00 WIB

Bagikan Air Minum Saat Aksi Damai Buruh, Kapolres Situbondo Diserbu Emak-emak Minta Selfie

1 Mei 2024 - 21:13 WIB

Peringati Hari Buruh,  Massa Sarbumusi Situbondo Akan Lakukan Aksi Turun ke Jalan

1 Mei 2024 - 05:57 WIB

Dua Bacabup Situbondo, Mengambil Formulir Pendaftaran ke PDIP

30 April 2024 - 14:59 WIB

Duel Maut Dua Juru Parkir Pasar Jambi, Satu Tewas Ditikam Badik

30 April 2024 - 14:53 WIB

Trending di Daerah