Menu

Mode Gelap

Lingkungan · 3 Des 2016 15:17 WIB ·

Orangutan Ditemukan Terlilit Tali di Kebun Warga


					Saat ditemukan kondisi orangutan sangat mengenaskan Perbesar

Saat ditemukan kondisi orangutan sangat mengenaskan

PONTIANAK, REPORTASE – Satu individu orangutan (Pongo pygmaeus) dalam kondisi mengenaskan terlilit tali tambang dilehernya ditemukan di kebun karet milik warga di Dusun Sumber Priangan, Desa Sembelangaan, Kecamatan Nanga Tayap, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Dugaan kuat orangutan ini dipelihara warga dan kemudian terlepas dan masuk ke kebun warga hingga keadaannya sangat kelaparan.

“Kondisinya memang kurang begitu sehat, diberi nama Kokom, dan usia diperkirakan 4 tahun,” kata kepala BKSDA Kalimantan Barat, Ir. Sustyo Iriono, kepada reportasenews.com, Sabtu (3/12).

Karena saat dilaporkan warga dalam kondisi yang memprihatinkan, tim rescue dan evakuasi satwa di bantu  oleh  YIARI – Ketapang melakukan rescue atau penyelamatan.

“Upaya rescue memang tak mudah. Kondisi satwa masih agresif dan liar. Interogasi terhadap warga sekitar tidak mengetahui siapa pemelihara satwa tersebut,” ungkapnya.

Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL – SKW I Ketapang bersama YIARI saat itu juga langsung melakukan rescue dengan metode pembiusan (sesuai SOP) satwa yang masih liar dan agresif.

“Sebagai upaya animal welfare satwa langsung dititip rawatkan untuk direhabilitasi di YIARI – Ketapang, hingga dapat direlease kembali di habitat aslinya,” terangnya.

Untuk jenis satwa Orangutan merupakan hasil rescue dan penyerahan secara sukarela dari masyarakat yang ke – 20 kepada BKSDA Kalimantan Barat selama kurun waktu tahun 2016 sampai hari ini. (ds)

 

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Ratusan Pembalap Sejumlah Daerah di Indonesia, Meriahkan Balap Sepeda Tour De Rengganis

15 Juni 2024 - 18:42 WIB

Satgas Yonkav 12/BC Terima Penyerahan Senjata dari Warga

15 Juni 2024 - 18:36 WIB

Reaksi Cepat TNI Mengejar OPM Serta Merebut Distrik Bibida

15 Juni 2024 - 18:31 WIB

Indonesia Sedang Tidak Baik-Baik Saja, Aparat Pemerintah Jangan Main-Main dengan Penegakan Hukum…!!!

15 Juni 2024 - 10:29 WIB

JPU Hadirkan 8 Saksi, Penyebab Meninggalnya Siswa MTS Situbondo Terungkap

14 Juni 2024 - 18:43 WIB

Demo di Depan Kantor Pemkab Situbondo Ricuh, Mahasiswa dan Polisi Bentrok

14 Juni 2024 - 18:36 WIB

Trending di Daerah