Menu

Mode Gelap

Internasional · 9 Nov 2016 09:31 WIB ·

Panglima TNI Ingatkan Ada Negara Yang Tak Ingin Indonesia Aman


					Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Perbesar

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

JAKARTA, REPORTASE-Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengingatkan ketidakstabilan politik tidak berdiri sendiri. Ada sejumlah faktor luar yang memang menginginkan Indonesia, tidak aman.

“Perang ekonomi  terutama  pangan, air dan energi di sekitar Indonesia telah terjadi, itu menjadi ancaman yang nyata. Ada peak of theory dengan turunnya harga minyak, berubahnya model  bisnis ke digital,  krisis ekonomi,  meningkatnya kejahatan atau konflik,  depresi ekonomi,” jelasnya, dalam diskusi di program ILC (Indonesia Lawyer Club) di TV One, Selasa malam.

Menurut Gatot, dengan permasalah itu maka akan terjadi hancurnya tatanan masyarakat kompetisi global. Kehancuran itu, dipicu oleh kompetisi perebutan sumber daya alam dunia yang terbatas.

“Dunia ini telah kelebihan beban. Daya dukung sumber daya alam hanya mampu menampung 3 miliar manusia, sementara tahun depan diperkirakan jumlah populasi dunia sudah mencapai 8 miliar orang. Artinya, akan terjadi perebutan sumber daya alam untuk memberi makan,” katanya.

Potensi konflik di Indonesia, juga makin tinggi karena letak strategisnya. Dengan luas wilayah yang subur untuk bercocok tanam, sumber minyak bumi dan luas laut, merupakan sumber-sumber ekonomi yang selalu menjadi incaran negara-negara besar.

“Saya selalu ingatkan, pertikaian di Laut China Selatan tidak berdiri sendiri. Ada campur tangan asing yang kentara untuk meluaskan pengaruh. Ini yang harus selalu diwaspadai,” ingatnya. (tat/pr)

 

 

 

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Gubernur Al Haris Lantik Anggota KPID Provinsi Jambi

17 Mei 2024 - 15:04 WIB

Kemenag Siapkan Rumah Ramah Bagi 818 Calon Jamaah Haji Lansia Asal Jambi

17 Mei 2024 - 14:36 WIB

Kepada Siswa Lemhanas, Irjen (Purn) Ike Edwin Sebut Pendekatan Budaya Kunci Cegah Korupsi

17 Mei 2024 - 14:10 WIB

Tersandung Kasus Narkoba, Pria Asal Bungo Terpaksa Menikah di Dikantor Polisi

16 Mei 2024 - 19:02 WIB

85 Anggota PPK Pilkada Situbondo Resmi Dilantik, Ini Pesan Ketua KPU

16 Mei 2024 - 17:31 WIB

85 Anggota PPK Pilkada Brebes 2024 Dilantik

16 Mei 2024 - 17:24 WIB

Trending di Daerah