Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Lingkungan · 22 Nov 2016 13:34 WIB ·

Pantai Wisata Tanjung lestari Rusak Terkikis Gelombang Pasang


					Pantai Wisata Tanjung Lstari rusak diterjang gelombang pasan Perbesar

Pantai Wisata Tanjung Lstari rusak diterjang gelombang pasan

SAMBAS, REPORTASE – Gelombang pasang air laut di perairan utara Kalimantan Barat mengkikis bibir pantai Tanjung Lestari yang selama ini menjadi objek wisata andalan. Sejumlah pepohonan besar  seperti pohon cemara dan pohon kelapa rusak akibat diterjang ombak yang berhadapan langsung dengan Laut China Selatan. Ombak pasang air laut ini bisa mencapai ketinggian 2 hingga 3 meter.

“Bencana alam ombak pasang air laut tahun ini cukup besar, sehingga merobohkan sejumlah fasilitas yang ada di objek wisata Pantai Tanjung Lestari,” kata Ketua Kelompok Sadar Wisata Desa Tanah Hitam Kecamatan Paloh, Khaironi Jali, kepada reportasenews.com, Selasa (22/11).

Fasilitas yang rusak akibat diterjang ombak ini, diantaranya musholla, dan  meja & kursi santai. Sementara lahan yang terkikis seluas lebih dari satu  hektar.

Taman rekreasi Pantai Tanjung Lestari memiliki luas sekitar 6 hektar yang merupakan lahan gabungan milik masyarakat setempat.

“Gelombang besar ini sudah mulai terjadi sejak akhir bulan September hingga sekarang. Sedangkan kerugian bangunan dan lain-lainnya menelan biaya lebih kurang Rp 250 juta,” terangnya.

Warga sangat berharap adanya perhatian dari  dinas terkait untuk dapat membantu memulihkan keindahan pantai Tanjung Lestari, serta mengambil tindaklanjut untuk merehabilitasi kawasan pesisir yang terancam abrasi akibat  gelombang pasang air laut ini.

Karena dikuatirkan abrasi semakin cepat  akibat gelombang pasang yang tinggi masih terus terjadi. Bahkan subuh tadi pohon cemara yang sudah mencapai tinggi 20 meter ikut tumbang terkena abrasi akibat ombak pasang laut ini. (ds)

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Tekan Inflasi Daerah, Pj. Gubernur Kalbar beberkan Strategi 4K

8 Desember 2023 - 20:36 WIB

Pj. Gubernur Kalbar Perpanjang Masa Bakti Sekda Definitif Kota Singkawang

8 Desember 2023 - 20:32 WIB

Ajak Awasi Pemilu 2024, Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

8 Desember 2023 - 16:58 WIB

Antisipasi Gangguan Keamanan Jelang Nataru, Petugas Rutan Situbondo Geledah Blok Hunian WBP

8 Desember 2023 - 14:03 WIB

Polri Mutasi Ratusan Personel, Ada Kapolda Berganti Pimpinan

8 Desember 2023 - 09:30 WIB

Antsipasi Banjir dan DBD Koramil 1207-10/Tarentang Bersihkan Saluran Air

7 Desember 2023 - 20:36 WIB

Trending di Daerah