Menu

Mode Gelap

News Feed · 6 Mar 2020 22:02 WIB ·

Pastikan Bebas Virus Corona, Dinkes Situbondo Periksa 5 WNA Asal China


					Dinkes Situbpndo memeriksa kesehatan 5 pekerja WNA asal China. (foto:fat) Perbesar

Dinkes Situbpndo memeriksa kesehatan 5 pekerja WNA asal China. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Situbondo, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pabrik Rumput Laut yang berlokasi di Jalur Pantura Situbondo, yang diketahui merupakan perusahaan milik salah seorang asal China, Jumat (6/3/2020).
Selain itu, pabrik  rumput laut yang berlokasi di Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Situbondo tersebut,  juga diketahui mempekerjakan lima orang Warga Negara Asing (WNA) asal China, sehingga untuk memastikan WNA asal China bebas virus corona atau covid 19, pihaknya langsung memeriksa lima orang WNA tersebut.
Namun, dalam melakukan Sidak dan memeriksa kesehatan terhadap  para WNA di pabrik  rumput laut tersebut, yang dketahui baru tiba di Kabupaten Situbondo pada Kamis (5/3/2020), petugas Dinkes Situbondo dibantu oleh petugas Polres Situbondo.
Riris Prastina, petugas Surveilance Dinkes Kabupaten Situbondo mengatakan, pihaknya sengaja memeriksa kesehatan para WNA. Itu dilakukan dengan tujuan untuk memastikan para WNA yang bekerja di perusahaan rumput  laut Situbondo, mereka bebas dar virus corona atau covid 19.
“Pemeriksaan terhadap para WNA asal China itu dilakukan, dengan tujuan untuk memastikan mereka terbebas dari virus corona atau covid 19,”kata Riris Prastina, Jumat (6/3/2020).
Menurutnya, meski lima orang WNA tersebut, sebelumnya diketahui sudah melalui pemeriksaan ketat di Bandara Juanda Surabaya. Namun, pihaknya tetap akan mengawasi perkembangan kesehatan para WNA tersebut selama 14 hari ke depan. “Selama dua pekan, petugas akan rutin menanyakan perkembangan kesehatannya. Hal ini dilakukan karena sesuai dengan SOP dari Kementrian Kesehatan RI,”katanya.
Perempuan yang akrab dipanggil Riris menegaskan, hasil pemeriksaan kesehatan terhadap para WNA tersebut, mereka dinyatakan terbebas dari virus corona atau covid 19.”Hasil pemeriksaan terhadap para WNA, suhu tubuhnya normal yang berkisar antara angka 35 – 37 derajat. “Selain itu, tensi darah para WNI tersebut juga normal,”imbuhnya.
Riris juga menyampaikan kepada seluruh WNA itu, jika terdapat gejala demam, batuk kering, merasa letih agar secepatnya melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke Puskesmas atau Rumah Sakit. “Masyarakat Situbondo tidak usah  khawatir, karena kabupaten Situbondo aman dari virus corona,” pungkasnya.
Sementra itu, Ratna, Asisten WNA asal Tiongkok  mengatakan, pihak pabrik  memiliki peraturan ketat dengan kedatangan karyawannya ke perusahaan rumput laut itu, salah satunya semua WNA akan dikarantina di mes yang telah disediakan. “Mereka semua tidak boleh keluar dari area perusahaan, sampai batasan waktu tertentu oleh dinas terkait,” ujar Ratna.
Menurutnya,  sebelum tiba di tanah air, kelima WNA itu terbang dari negara asalnya menuju ke Thailand. Di Negeri Gajah Putih itulah mereka dilakukan karantina selama 14 hari. Sebelum diterbangkan lagi menuju Indonesia, yakni Surabaya. “Tapi kita akan tetap patuh terhadap kebijakan Dinkes Situbondo,”katanya.(fat)
Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

LBH Mitra Santri, Gugat Bupati Karna Suswandi ke PN Situbondo

22 Juni 2024 - 20:25 WIB

Viral di Medsos, Siswa SDN 1 Cottok Juara 1 Kid Atletik O2N Situbondo Gagal ke Provinsi

22 Juni 2024 - 18:51 WIB

Dinilai Tuntutannya Rendah, Kuasa Hukum Korban Ancam Laporkan JPU ke Jamwas

21 Juni 2024 - 18:53 WIB

Satu Jamaah Haji Asal Batanghari Meninggal di Mekkah

21 Juni 2024 - 18:46 WIB

PPDB SMPN 8 Kota Madiun Terima Titipan Siswa, Tolak Peserta Luar Kota?

21 Juni 2024 - 16:38 WIB

Dalam Kasus Bank Centris Kemenkeu Menjadi “Pengecut”

21 Juni 2024 - 15:22 WIB

Trending di Hukum