Menu

Mode Gelap

Hukum · 13 Feb 2023 13:01 WIB ·

Pemerintah Kawal Penyelesaian Kasus Bank Century di Pengadilan Inggris


					Pemerintah Kawal Penyelesaian Kasus Bank Century di Pengadilan Inggris Perbesar

London, reportasenews.com – Upaya Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dalam mengawal penyelesaian Kasus Bank Century yang sudah berjalan selama 13 tahun masih mendapatkan perlawanan dari pihak terpidana Robert Tantular.

Salah satu bentuk Kemenkumham dalam mengawal Kasus Bank Century yakni hadir pada persidangan The Judicial Committee of The Privy Council (JCPC), Inggris pada 8 dan 9 Februari 2023. Pada sidang tersebut mendengarkan penjelasan dari pihak Robet Tantular dan The Attorney General Jersey sebelum memberikan keputusan atas upaya perampasan aset hasil tindak pidana Bank Century yang ditempatkan di yuridiksi Jersey, Inggris.

Pada sidang hari pertama yang diselenggarakan hari Rabu, tanggal 8 Februari 2023, majelis hakim pada supreme court memberikan kesempatan pertama kepada tim kuasa hukum Robert Tantular yang membawa isu mengenai kewenangan lintas yurisdiksi (extra territorial). Tim kuasa hukum Robert Tantular pada pokoknya menyampaikan pandangan bahwa menurut hukum Inggris dan sejumlah konvensi internasional, Pemerintah Jersey tidak berwenang untuk menyita properti yang berada di luar yurisdiksi Inggris. Properti tersebut dalam hal ini adalah sebuah apartemen yang terletak di Singapura dan dimiliki oleh perusahaan Robert Tantular yang terdaftar di Jersey, Inggris.

“Pada persidangan tersebut, majelis hakim memandang bahwa perampasan yang pemerintah ajukan terhadap aset milik Robert Tantular, memungkinkan untuk dilakukan dan tidak melanggar ketentuan hukum internasional. Hal ini memberikan harapan bagi Indonesia,” kata Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kemekumham, Cahyo R. Muzhar, yang memimpin delegasi Indonesia pada kunjungan kerja ke Inggris, Kamis (10/2/2022).

Selanjutnya pada sidang hari kedua yang diselenggarakan pada Kamis 9 Februari kemarin, pihak The Attorney General of Jersey sebagai wakil Pemerintah Indonesia dalam sidang, mendapat kesempatan pertama dan menyampaikan argumentasi dengan menekankan bahwa perampasan aset milik keluarga Tantular yang berlokasi di Singapura mungkin untuk dilakukan sesuai dengan Proceeds of Crime (Enforcement of Confiscation Orders) (Jersey) Regulations 2008 ( Modified Law). Kuasa Hukum Robert Tantular mempermasalahkan affidavit dari Pemerintah Indonesia yang ditandatangani pada tahun 2014 oleh Cahyo R. Muzhar dimana pada saat itu menjabat sebagai Direktur Otoritas Pusat dan Hukum Internasional (OPHI) Ditjen AHU Kemenkumham.

Cahyo mengatakan setelah menghadiri dua kali persidangan, Pemerintah Indonesia sangat optimis akan memenangkan perkara ini setelah majelis hakim yang terdiri dari lima orang menyampaikan pandangan yang menimbulkan harapan bagi Indonesia.

“Mengamati pandangan majelis hakim, kita optimis keputusan akhir nanti akan menguntungkan Indonesia sehingga kita dapat membawa pulang aset dan menyerahkan kepada negara,” ujar Cahyo.

Keputusan akhir diperkirakan akan terbit sekitar 2 bulan mendatang, Kemenkumham juga mengawal jalannya perkara terkait Bank Century yang sedang berjalan di wilayah yurisdiksi Hong Kong dan sedang menunggu terbitnya jadwal sidang. Selanjutnya, delegasi Indonesia akan bertemu dengan sejumlah pejabat dari Home Office dan Serious Fraud Office untuk membahas penyelesaian beberapa kasus hukum sekaligus sebagai bentuk penerapan kerja sama di bidang penegakan hukum antara Indonesia dan Inggris.

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Bandar Narkoba Diciduk di Penginapan Mekar Sari

12 Juni 2024 - 18:48 WIB

Berkasnya Dinyatakan Lengkap, 9 Tersangka Kasus Pengeroyokan Siswa MTS Dilmpahkan ke Kejaksaan

7 Juni 2024 - 15:22 WIB

Pemilik dan Perakit Senpi M-16 Ilegal, Terancam Hukuman Seumur Hidup

6 Juni 2024 - 19:04 WIB

Aneh..!!! Negara Sita Uang 16 Miliar Rupiah Milik Perusahaan Asal Singapura Korban Penipuan

5 Juni 2024 - 13:41 WIB

Kasus Trisakti Ciderai Rasa Keadilan dan Kepastian Hukum Dunia Pendidikan Indonesia

2 Juni 2024 - 02:59 WIB

Bunuh Teman Kerjanya di Situbondo, Pria Asal Musi Rawas Sumsel Ditangkap

1 Juni 2024 - 15:34 WIB

Trending di Daerah