Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 28 Des 2023 22:19 WIB ·

Pemkab Brebes : Hindari Hoax dan Ujaran Kebencian Untuk Pemilu Damai


					Pemkab Brebes : Hindari Hoax dan Ujaran Kebencian Untuk Pemilu Damai Perbesar

Ilustrasi

Brebes, reportasenews.com – Pemerintah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah meminta agar masyarakat menghindari penyebaran berita hoax dan ujaran kebencian. Hal ini untuk menciptakan situasi aman bagi masyarakat selama tahapan pemilu.

Imbauan ini disampaikan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Brebes, Muhamad Sodiq. Dia menambahkan, setiap terjadi gelaran pesta demokrasi, banyak beredar berita bohong (hoax) dan ujaran kebencian. Karena itu, masyarakat diminta jangan terprovokasi demi menjaga situasi aman selama pemilu.

“Pemkab Brebes melaksanakan langkah-langkah preventif dalam mencegah adanya hoax dan ujaran kebencian yang pada Pemilu 2019 sebelumnya. Karena sangat meresahkan sehingga hal tersebut tidak boleh terjadi dalam Pemilu 2024. Karena itu kami mengimbau agar masyarakat tidak mudah terprovokasi berita hoax dan ujaran kebencian. Bila terjadi perselisihan, hendaknya mereka menyelesaikan permasalahan dengan damai dan konstitusional sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku” ujar Sodiq, Kamis (28/12).

Selain bisa menimbulkan keresahan, penyebaran berita hoax dan ujaran kebencian dapat melanggar UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Pelanggaran pasal ini bisa berakibat sanksi pidana.

Imbauan untuk pemilu damai juga disampaikan
M Supriyono, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Brebes. Momen pesta demokrasi, pinta Ketua FKUB Brebes, jangan dirusak dengan ujaran kebencian dan berita bohong serta isu sara. Karena hal tersebut bisa berbahaya bagi kerukunan umat beragama.

“Kami himbau masyarakat lebih dewasa dalam menyikapi hoax ataupun ujaran kebencian apalagi yang ada muatan sara, karena sangat berbahaya dan menimbulkan perpecahan. Jika ada masalah khususnya berkaitan keagamaan segera diselesaikan secara kekeluargaan. Kami selaku FKUB Kabupaten Brebes akan terus bergandengan tangan bersama seluruh tokoh agama dan tokoh masyarakat serta pemerintah dalam rangka menciptakan Pemilu 2024 Damai” pungkasnya.(Iso)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 64 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Coblos Surat Suara Sisa, Petugas KPPS Jambi Dipidana

24 Februari 2024 - 22:57 WIB

Cabuli Anak Tirinya, Pria 40 Tahun di Bondowoso Ditangkap

24 Februari 2024 - 17:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Perayaan Cap Go Meh Singkawang 2024

24 Februari 2024 - 17:13 WIB

Atraksi Tatung Perayaan Cap Go Meh 2575 di Sungai Kakap

24 Februari 2024 - 16:20 WIB

Kapolres Situbondo Pimpin Penggerebekan Judi di Eks Lokalisasi GS

24 Februari 2024 - 06:53 WIB

Subhanallah, Pria di Situbondo Meninggal Saat Sujud Shalat Ashar Berjamaah di Masjid

24 Februari 2024 - 06:40 WIB

Trending di Daerah