Menu

Mode Gelap

Daerah · 23 Jun 2022 14:53 WIB ·

Pencuri Hafal Quran Diselamatkan Kombes Ngajib, Diangkat Jadi Marbot di Masjid Polrestabes Palembang


					Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Mokhamad Ngajib mengangkat pelaku pencurian yang hafal Qur'an menjadi Merbot di Masjid porestabes Palembang. (foto:istimewa) Perbesar

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Mokhamad Ngajib mengangkat pelaku pencurian yang hafal Qur'an menjadi Merbot di Masjid porestabes Palembang. (foto:istimewa)

Palembang, reportasenews.com  – MES (16) sungguh bernasib baik. Setelah ditangkap atas aksi pencurian, ia kemudian justru diangkat jadi Marbot Masjid Polrestabes Palembang. MES belakangan diketahui melakukan aksi pencurian demi menyelamatkan ibu angkatnya dan ia juga hafal Al Quraan.

MES melakukan pencurian di gudang Masjid Polrestabes Palembang, Kelurahan 8 Ulu, Kecamatan Jakabaring Palembang, Sabtu (18/6/2022) lalu.

Atas aksi pencurian tersebut, MEV ditangkap Polrestabes Palembang.

Penyelidikan pun dilakukan. Ternyata MEV melakukan pencurian karena sangat terpaksa. Ia harus mendapatkan uang demi membayar tunggakan kontrakan ibu angkatnya. Jika tak dibayar ibu angkatnya akan diusir dan hidup terlunta-lunta.

“Setelah dilakukan pemeriksaan didapatkan bahwa MES mempunyai suatu masalah,” kata Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Mokhamad Ngajib yang didampingi Kasat Reskrim, Kompol Tri Wahyudi, Rabu (22/6/2022).

Polisi pun memanggil pihak yang dirugikan. Mendengar kisah mengharukan pencuri ini, pelapor bersedia berdamai. Maka sesuai aturan Kapolri, restorative justice pun dilakukan. Kedua belah pihak berdamai dan kasus tidak dilanjutkan.

Tidak berhenti di situ saja, terharu dengan niat MES menyelamatkan ibunya, Kapolrestabes Palembang Kombes Ngajib memberikan santunan. Kontrakan ibu angkatnya dibayar oleh Kombes Ngajib untuk 2 tahun.

MES ternyata juga diketahui memiliki kemampuan di bidang agama dengan hafal beberapa juz dalam Al Quran.

“MES ini mempunyai kemampuan dalam hal keagamaan. Kita angkat dia menjadi marbot masjid Samsul Bahri Umar Polrestabes Palembang dengan seizin orang tua angkatnya,” ucap Kombes Ngajib.

Dengan memiliki pekerjaan, MES diharapkan bisa membantu kehidupan ibu angkatnya.

Sementara itu MES menangis terharu. Ia berjanji tak akan melakukan pencurian.

“Saya tidak akan mengulangi lagi kejahatan, ini akan menjadi pertama dan hal terakhir. Kemarin hanya terpaksa karena bingung cara menyelamatkan ibu saya,” tutur MES yang masih berusia 16 tahun.

Mengenai pencuri yang justru diselamatkan dan diangkat menjadi marbot masjid mendapat sorotan positif dari Indonesia Police Watch.

“Dalam melihat kasus hukum, tentu harus melihat banyak aspek, termasuk sisi humanis.

IPW mengapresiasi langkah bijak Kombes Ngajib,” kata Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso.

Menurut Sugeng Teguh Santoso, pencurian yang dilakukan MES lebih didorong kekalutan jiwa bocah umur 16 tahun melihat ibunya akan terusir dari kontrakan. MES sebelumnya diketahui tidak melakukan pencurian.

“Sangat kemanusiaan melihat kasus ini. Jadi sangat tepat jika ditempuh restorative justice karena pihak yang dirugikan juga dengan senang hati untuk berdamai,” cetus Sugeng Teguh Santoso. (*)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Hari Bhayangkara Ke-76, Polsek Padas Banjir Penghargaan Dan Prestasi

6 Juli 2022 - 13:45 WIB

Sebagai Pendatang Baru Tim StreetSoccer DKI Jakarta Langsung Juarai FORMI VI Palembang

5 Juli 2022 - 23:18 WIB

Harga Cabai Rawit di Situbondo Tembus Rp120 Ribu Perkilogram

5 Juli 2022 - 20:27 WIB

Jamasan Pusaka Sakral, Jelang Hari Jadi Ngawi Ke 664 Tahun

5 Juli 2022 - 20:22 WIB

Pemegang Saham PWON Bakal Terima Deviden Senilai Rp 4 Per Saham

5 Juli 2022 - 20:10 WIB

Gali Potensi Wisata Kalbar Demi Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Desa

5 Juli 2022 - 17:28 WIB

Trending di Daerah