Menu

Mode Gelap

Internasional · 9 Feb 2017 08:00 WIB ·

Pendiri Pabrik Tripod Dunia “Manfroto” Meninggal


					Lino Manfrotto (kanan) dan  Gilberto Battocchio 1976/ Manfroto Perbesar

Lino Manfrotto (kanan) dan Gilberto Battocchio 1976/ Manfroto

Italia, reportasenews: Siapa yang tidak kenal tripod papan atas bermerk Manfroto? Semua fotografer pro dan videomaker pro pasti tahu apa itu tripod Manfroto, salah satu tripod berkualitas tinggi dan presisi didunia ini.

Pendirinya, Lino Manfrotto, veteran wartawan foto yang mendirikan pabrik Manfrotto meninggal diusia 80 tahun di rumahnya di Bassano del Grappa, Italia, pada tanggal 5 Minggu, Februari, 2017.

Manfrotto memulai karirnya dalam fotografi sebagai wartawan foto untuk beberapa surat kabar lokal di kota kelahirannya. Pada akhir 1960-an, Manfrotto mulai merancang membuat peralatan fotografi dan tripod mandiri, dan ternyata produknyameroket. Setelah bermitra dengan insinyur mekanik Gilberto Battocchio, Manfrotto meluncurkan tripod pertamanya pada tahun 1974.

Setelah melihat booming bisnis dan produknya didistribusikan ke fotografer di negara-negara di seluruh dunia, Manfrotto menjual perusahaannya kepada perusahaan multinasional Inggris VITEC Group. Selain Manfrotto, VITEC saat ini memiliki merek seperti Gitzo dan Lastolite.

Masih berbasis di Italia Utara dengan jaringan distribusi internasional yang terdiri dari perusahaan dirumah dan distributor independen, Manfrotto terus menjadi merek dominan diberbagai industri foto, film, teater, hiburan, dan produk video.

Il Sole 24 ORE melaporkan bahwa Manfrotto sekarang memiliki dua pabrik dan 9 cabang di seluruh dunia, 735 karyawan, dua pertumbuhan tahunan digit, tingkat ekspor 95%, dan saham 7% di pasar tas kamera global, dan pangsa 30% dari pasar tripod global.

Selamat jalan Lino, kami yang pernah merasakan memakai tripod kalian dimasa lalu tahu betul bahwa produk kalian termasuk yang terbaik didunia, dan itu memberi kontribusi banyak kepada dunia fotografi dan videografi (HSG)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Mantan Kabid Prasarana Distan Kabulaten Merangin Jadi Tersangka Korupsi Bansos

19 Juli 2024 - 16:08 WIB

Tiga Desa di Tanjab Barat Jadi Percontohan Desa Anti Korupsi

19 Juli 2024 - 15:43 WIB

Buntut Ikut Temui Presiden Israel, Bupati Kudus Pecat Staf Khususnya

18 Juli 2024 - 14:28 WIB

Polres Sarolangun Musnahkan 2 Kilogram Narkotika Jenis Sabu

18 Juli 2024 - 14:04 WIB

4 ASN Terafiliasi Jaringan Teroris, Kesbangpol Tanjabbar Minta Masyarakat Segera Lapor Bila Temukan Aliran Tak Wajar

18 Juli 2024 - 13:45 WIB

Mesin Perahun Mati, Nelayan Situbondo Terombang-ambing di Perairan Madura

18 Juli 2024 - 11:44 WIB

Trending di Daerah