Menu

Mode Gelap

Daerah · 26 Jul 2020 20:40 WIB ·

Penolakan Pembangunan Ponpes Gus Nur, DPW GP Ansor Jawa Timur  Pasrahkan  ke PAC Besuki 


					Gus Syafiq Sauqi, saat berkunjung ke Kantor GP Ansor. Situbondo. (foto:fat) Perbesar

Gus Syafiq Sauqi, saat berkunjung ke Kantor GP Ansor. Situbondo. (foto:fat)

 

Situbopndo,reportasenews.com – Dewan Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda. (GP) Ansor Jawa Timur,  menyerahkan penolakan rencana pembangunan Ponpes Sugi Nur Raharja alias Gus Nur kepada PAC Besuki, Kabupaten Situbondo.

 

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Gus Syafiq Sauqi ketua DPW GP Ansor Jawa Timur, saat melakukan kunjungan kerja ke Pimpinan Cabang GP Ansor, di Jalan Madura, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Situbondo.

 

“GP Ansor sama sekali tidak pernah menghalangi orang berdakwah, pembangunan pesantren. Tapi, hanya saja GP Ansor akan mengambil sikap tegas, jika ada oknum yang tidak sejalan dengan ideologis Pancasila,”ujar Gus Syafiq Sauqi, Minggu (26/7/2020).

 

Menurutnya, menanggapi rencana pembangunan Ponpes Sugi Nur Raharja alias Gus Nur, pihaknya b telah memasrahkan persoalan ini kepada Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Besuki. “Karena Sahabat-sahabat PAC Besuki  sudah paham, mana kawan, mana lawan. Mana yang harus dirangkul, mana yang harus dihalau,” kata Syafiq Sauqi.

 

Menurutnya, sahabat PAC Ansor Besuki paham betul dengan rencana pendirian Ponpes di Dusun Dam Guwe,  Desa Blimbing, Kecamatan Besuki. Sebab, ia menuding pendirian bangunan itu memiliki tujuan yang tak sejalan dengan ideologi yang telah ada. “Jika ada oknum atau kelompok yang akan membuat gaduh. Saya kira mereka berhak untuk menggalangi atau merasa keberatan,”bebernya.

 

Syafiq Sauqi juga menambahkan, jika nantinya tetap memaksa melakukan pembangunan Ponpes, GP Ansor akan melakukan somasi. “Apakah nanti akan melibatkan kyai atau tokoh masyarakat yang moderat. Ini nanti yang akan kita sikapi jika memang sudah melakukan koordinasi,”pungkasnya.

 

Sementara itu, data yang diterima  dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Situbondo, orang yang bersangkutan belum pernah mengurus ijin pembanguan pendirinan Ponpes di Dusun Dam Guwe, Desa Blimbing, Kecamatan Besuki, Situbondo.

 

“Hingga kini, kami belum menerima permohonan ijin pembangunan Ponpes Gus Nur,”kata Nugroho. (fat)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Peragakan 39 Adegan Detik-Detik Pembunuhan mantan Istrinya, Pelaku Merasa Menyesal

18 Mei 2024 - 18:34 WIB

Gubernur Al Haris Lantik Anggota KPID Provinsi Jambi

17 Mei 2024 - 15:04 WIB

Kemenag Siapkan Rumah Ramah Bagi 818 Calon Jamaah Haji Lansia Asal Jambi

17 Mei 2024 - 14:36 WIB

Kepada Siswa Lemhanas, Irjen (Purn) Ike Edwin Sebut Pendekatan Budaya Kunci Cegah Korupsi

17 Mei 2024 - 14:10 WIB

Tersandung Kasus Narkoba, Pria Asal Bungo Terpaksa Menikah di Dikantor Polisi

16 Mei 2024 - 19:02 WIB

85 Anggota PPK Pilkada Situbondo Resmi Dilantik, Ini Pesan Ketua KPU

16 Mei 2024 - 17:31 WIB

Trending di Daerah