Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 10 Mar 2024 10:51 WIB ·

Perahunya Karam Diterjang Cuaca Ekstrem, Tiga Nelayan Situbondo Berhasil Diselamatkan


					Perahunya Karam Diterjang Cuaca Ekstrem, Tiga Nelayan Situbondo Berhasil Diselamatkan Perbesar

Tiga nelayan dievakuasi oleh petugas Satpolairud Polres Situbondo.

 

Situbondo, reportasenews.com – Selain mengakibatkan puluhan perahu nelayan yang sandar di bibir pantai disepanjang pantai utara Situbondo rusak. Namun, cuaca ekstrem juga mengakibatkan perahu kayu yang ditumpangi tiga nelayan karam di perairan Kalbut, Mangaran, Situbondo.

Beruntung berkat kesigapan petugas Satpolairud Polres Situbondo dan warga sekitar, sehingga tiga nelayan tersebut berhasil diselamatkan, dua orang langsung diantar ke rumahnya, sedangkan seorang nelayan dievakuasi ke Puskesmas Mangaran, karena muntah-muntah dan pusing.

Tiga nelayan yang berhasil diselamatkan, karena perahumya karam di perairan Kalbut, mereka adalah Asmojo (60), Busali (55) dan Sadun (50), ketiganya warga Dusun Kaliasin, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Situbondo.

Diperoleh keterangan, sebelum perahu kayu tanpa nama yang ditumpangi tiga nelayan karam, mereka bermaksud hendak pulang usai melaut, namun saat tiba di perairan Kalbut, Kecamatan Mangaran dihantam gelombang tinggi, sehingga perahunya karam dilokasi kejadian, sedangkan tiga nelayan terlempar ke laut.

Mengetahui ketiga nelayan tersebut mengapung menggunakan alat seadanya, petugas Satpolairud yang bersiaga bersama para nelayan setempat, mereka langsung mengevakuasi tiga nelayan tersebut ke bibir pantai.

Kasat Polairud Polres Situbondo, AKP Gede Sukarmadiyasa membenarkan, jika tiga nelayan yang perahunya karam diterjang cuaca ekstrem berhasil diselamatkan, setelah sempat mengapung menggunakan alat seafanya.

“Ketiganya berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat, dua nelayan diantar ke rumahnya. masing-masing, sedangkan korban Sadun sempat di bawa ke Puskemas Mangaran, karena pria 50 tahun sempat muntah-muntah,”ujar AKP Gede Sukarmadiyasa, Minggu (10/3/2024).

Menurut dua, karena dalam beberapa hari cuaca ekstren melanda kawasan Situbondo, pihaknya menghimbau kepada para nelayan agar berhati-hati saat melaut, agar membawa peralatan seperti baju pelampung saat melaut.

“Kami tetap siaga dan pastinya kami terus menghimbau kepada para nelayan untuk selalu waspada dengan cuaca eksream, pakai perlengkapan yang aman, dan selalu memperhatikan cuaca,”pungkasnya. (fat)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Ini Alasan Bank Centris Selama 20 Tahun Tidak Melakukan Gugatan 

24 April 2024 - 20:38 WIB

MUI Situbondo Tolak Wacana Eks Lokalisasi GS Dirubah Wisata Karaoke

24 April 2024 - 19:55 WIB

Pura-pura Pasang Kelambu, Bapak Cabuli Anak Kandung di Kubu Raya, Ibu Lapor Polisi

24 April 2024 - 16:12 WIB

Diterkam Buaya, Kaki Kanan Ibu RT Putus

24 April 2024 - 16:07 WIB

Unaja Jambi Beri Potongan Biaya Kuliah Mahasiswa Baru

24 April 2024 - 16:02 WIB

KPU Tanjab Timur Buka Pendaftaran PPK Pilkada 2024

24 April 2024 - 14:24 WIB

Trending di Daerah