Menu

Mode Gelap

Daerah · 23 Mei 2022 19:44 WIB ·

Peran Pemasyarakatan Dalam Menciptakan Manusia Kompeten dan Produktif


					Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar, Pria Wibawa, membuka kegiatan Rapat kerja teknis pasyarakatan dan sosialisasi teknis penyelenggaraan layanan pemasyarakatan tahun 2022. (Foto Humas Kantor Kanwil Kemenkumham Kalbar) Perbesar

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar, Pria Wibawa, membuka kegiatan Rapat kerja teknis pasyarakatan dan sosialisasi teknis penyelenggaraan layanan pemasyarakatan tahun 2022. (Foto Humas Kantor Kanwil Kemenkumham Kalbar)

Pontianak, Kalbar,reportasenews.com – Pemasyarakatan harus bertransformasi menjadi institusi yang dapat menciptakan manusia berkompeten dan produkftif.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar, Pria Wibawa, membuka kegiatan Rapat kerja teknis pasyarakatan dan sosialisasi teknis penyelenggaraan layanan pemasyarakatan tahun 2022.

“Pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) harus menghasilkan outcome yang dapat diaplikasikan dengan tujuan peningkatan kesejahteraan sekembalinya mereka ke masyarakat. Pemasyarakatan harus mampu menjembatani para WBP dengan lingkungan sosialnya. Program pemberdayaan masyarakat harus terus ditingkatkan baik melalui pelatihan keterampilan, pendidikan vokasi, maupun melalui metode-metode kerjasama dengan para stakeholder,” ujar Pria Wibawa, Senin (23/5/2022) sore kepada wartawan.

Dirinya juga mengingatkan untuk menuntaskan rencana aksi target kinerja pemasyarakatan tahun 2022 sebagaimana telah tertuang dalam keputusan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia (RI), tentang target kinerja kementerian hukum dan HAM tahun anggaran 2022.

“Saya berharap kepada kepala UPT Pemasyarakatan di lingkungan kantor wilayah kementerian hukum dan HAM Kalimantan barat melalui kegiatan ini, tidak hanya sekedar memberikan bekal wawasan saja. Melainkan dapat meningkatkan kompetensi diri dan memiliki pemahaman yang komprehensif terhadap semua tantangan serta dapat terus berinovasi dan profesional dalam menyongsong pembangunan zona integritas di UPT Pemasyarakatan,” harapnya.

Melalui kesempatan berharga ini diharapkan agar para peserta mengikuti kegiatan dengan penuh kesungguhan dan dapat memberikan gagasan serta inovasi dalam rangka mengembangkan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan Kementerian Hukum dan HAM pada umumnya.

Sementara itu,  Kepala Divisi Pemasyarakatan,  Ika Yusanti menyampaikan, kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, dan mengahdirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

“Rapat Kerja Teknis dan Sosialisasi Teknis Penyelenggaraan Layanan pemasyarakatan ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai Senin 23 Mei hingga Rabu 25 Mei 2022. Sedangkan narasumber yang kami hadirkan Direktur Kesehatan dan Rehabilitasi, Direktur Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan Basan Baran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, ada juga dari Kepolisian Kalimantan Barat, BNNP Kalimantan Barat, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan juga Dinas Kesehatan Kalimantan Barat,” terangnya.

Ika menambahkan peserta kegiatan ini merupakan 19 Kepala UPT Pemasyarakatan dan 38 Kasi/Kasubsi dan JFU pada UPT Pemasyarakatan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur Kesehatan dan Rehabilitasi Muji Raharjo Drajat Santoso, Direktur Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan Basan Baran Budi Sarwono dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan sebagai narasumber, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalbar Tato Juliadin mendampingi Kakanwil. (*)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 48 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Hari Bhayangkara Ke-76, Polsek Padas Banjir Penghargaan Dan Prestasi

6 Juli 2022 - 13:45 WIB

Harga Cabai Rawit di Situbondo Tembus Rp120 Ribu Perkilogram

5 Juli 2022 - 20:27 WIB

Jamasan Pusaka Sakral, Jelang Hari Jadi Ngawi Ke 664 Tahun

5 Juli 2022 - 20:22 WIB

Gali Potensi Wisata Kalbar Demi Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Desa

5 Juli 2022 - 17:28 WIB

TP2DD Kota Pontianak Dorong Pertumbuhan Digitalisasi Transaksi Daerah

5 Juli 2022 - 17:13 WIB

Mantan Jurnalis yang Rindu Keluarga

5 Juli 2022 - 17:06 WIB

Trending di Daerah