Menu

Mode Gelap

Daerah · 14 Sep 2023 13:08 WIB ·

Perburuan Benda Kuno di Sungai Batanghari Masih Terus Terjadi


					Perburuan Benda Kuno di Sungai Batanghari Masih Terus Terjadi Perbesar

Sungai Batanghari, Jambi. 

Jambi, reportasenews.comPemburuan dan penjarahan benda kuno bersejarah  di Sungai Batanghari Provinsi Jambi masih terus terjadi.  dengan menyasar benda peninggalan masa Hindu Budha yang berada di bawah air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Batanghari tepatnya di Desa Suak Kandis, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi dan dilakukan sejak tahun 2022.

Dalam menjalankan aksinya, para pemburu benda kuno ini bahkan menggunakan kapal yang dilengkapi dengan alat kompresor dan selang berukuran besar.

Dilansir Tribunjambi.com,  aktivitas pencarian benda kuno ini sudah memakan korban jiwa yaitu seorang penyelam yang meninggal dunia akibat longsor di tebing sungai.

Kasubag Umum Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah V (Sebelumnya BPCB Jambi), Agus Sudaryadi menyebut, penyelam bukanlah dari penduduk setempat melainkan berasal dari Sumatera Selatan.

Hal ini kata Agus, bukan tanpa dasar, kendaraan yang ditemukan di sana berpelat BG terutama roda empat.

“Kecurigaan saya muncul bahwa pelaku pencarian adalah yang sebelumnya melakukan pengangkatan ODCB di Sungai Musi, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.”

“Keramik-keramik yang diangkat dari Sungai Musi sudah diterbitkan dalam buku yang berjudul Ceramics from  The Musi River, Palembang Indonesia: Based on A Private Collection yang diterbitkan oleh The Australian National Centre of Excellence for Maritime Archaeology, Department of Maritime Archaeology, Western Australian Museum pada tahun 2019,” kata Agus, Kamis (13/9/2023) dikutip dari tribunjambi.com.

Mantan Ketua Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI) Komisariat Sumbagsel periode 2017-2021 ini mengatakan, penangkapan pada 2023 lalu yang dilakukan Polres Muaro Jambi menunjukkan adanya warga yang berdomisili di Pulau Kemaro, Kota Palembang, Sumsel.

“Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi juga telah membentuk Tim gabungan bernama Tim Pelestarian Objek Diduga Cagar Budaya Kabupaten Muaro Jambi. Namun, pengangkatan ODCB semakin marak dengan jumlah perahu yang mencapai puluhan. Ada yang menyebutkan lebih dari 100 perahu,” ujarnya.

Tim gabungan ini  berhasil menyita sejumlah benda berupa keramik, koin cina dan benda lainnya pada operasi yang dilakukan Desember 2022 lalu.

Kemudian, pengamanan yang dilakukan Polres Muaro Jambi sekitar Juli 2023 berhasil menyita benda-benda logam, termasuk benda terbuat dari emas di dalam karung 10 kilogram. (bud)
Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Polda Kalsel Ungkap 14 Kasus Tambang Ilegal Dalam Operasi Peti Intan 2024

17 Juli 2024 - 16:27 WIB

Satgas Pamtas RI Gagalkan Penyeludupan 35,9 Kilogram Sabu dan 35 Ribu Butir Pil Ekstasi di Sambas-Pontianak

17 Juli 2024 - 15:38 WIB

Usai Dilantik, AKBP Rezi Dharmawan Resmi Jabat Kapolres Situbondo

17 Juli 2024 - 15:06 WIB

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Pejabat Pemprov Jambi di Tes Urine Secara Mendadak

17 Juli 2024 - 14:52 WIB

Perampok Bersenjata Beraksi, Gasak Sejumlah Uang dan Barang Konter HP di Tanjab Barat

17 Juli 2024 - 14:08 WIB

Ratusan Guru Ngaji di Kecamatan Suboh, Deklarasi Dukung Bacabup Muda Situbondo

16 Juli 2024 - 20:19 WIB

Trending di Daerah