Menu

Mode Gelap

Daerah · 12 Agu 2023 14:17 WIB ·

Peringati Harjakasi 205, Pemkab Situbondo Gelar Karnaval Budaya


					Peringati Harjakasi 205, Pemkab Situbondo Gelar Karnaval Budaya Perbesar

Para peserta karnaval budaya, dalam rangka Harjakasi ke 205 tahun 2023.

 

Situbondo, reportasenews.com -Memperingati Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) ke-205 tahun 2023, Pemkab Situbondo menggelar karnaval budaya, dengan start didepan Kantor Pemkab Situbondo, dan finish di taman makam pahlawan, Sabtu (12/8/2023).

Selain diikuti oleh sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Situbondo, namum sejumlah BUMN, seperti tiga Pabrik Gula (PG) dan dinas vertikal di Kabupaten Situbondo, mereka juga ikut karnaval budaya tersebut.

Menariknya, sebanyak 32 peserta karnaval budaya dalam rangka memperingati Harjakasi ke-205, mereka menampilkan potensi dan budaya di daerahnya masing-masing, seperti sejarah Besuki, dan sejarah putri putih dari Blambangan Banyuwangi, yang bersembunyi di Dusun Sekarputih, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Situbondo.

Pantauan dilapangan, karnaval budaya dalam rangka Harjakasi ke-205 tahun 2023 itu, mendapat perhatian dari warga Kabupaten Situbondo. Terbukti, ribuan warga berjejer di sepanjang rute yang dilalui para peserta karnaval budaya tersebut.

Bahkan, meski panas terik matahari menyengat, namun kondisi cuaca panas tersebut tidak menyurutkan warga Situbondo, untuk menyaksikan secara langsung karnval budaya, dalam rangka Harjakasi ke-205 tahun 2023.

“Sejak pandemi Covid-19, selama dua tahun tidak ada karnaval di Situbondo, sehingga begitu ada karnaval, warga berbondong-bondong datang untuk menonton,”ujar Misroto, salah seorang warga Kota Situbondo, Sabtu (12/8/2023).

Sementara itu, Sekdakab Situbondo, Wawan Setiawan mengatakan, peserta yang ikut karnaval kali ini, jumlahnya mencapai sebanyak 32 peserta.

Tujuan digelarnya karnval ini, kata Wawan, tidak lain untuk memeriahkan acara Harjakasi ke 205 serta memperkenalkan budaya lokal disetiap kecamatan.

“Selain itu kita juga dalam rangka mempromosikan UMKM yang ada di Situbondo,” ujarnya.Dikonfirmasi terpisah, Bupati Situbondo, Karna Suswandi menjelaskan, kegiatan karnaval budaya ini, untuk menjaga kesinambungan pembangunan didalam melaksanakan berbagai kegiatan dapat dilakukan secara terus menerus, karena yang namanya pembangunan dilakukan bertahap.

“Pambangunan tidak bisa begitu saja dilakukan langsung sekalj jadi, makanya berbagai tahapan inilah yang harus dilanjutkan sebagai bentuk upaya untuk memcapai kesinambungan pembangunan yang kita idam idamkan terwujudnya Situbondo berjaya,” katanya.

Menurutnya, pihaknya memang mengangkat budaya lokal masing masing daerah dalam karnaval ini, sehingga masyarakat Situbondo, mengenal budaya yang ada di masyarakat sendiri.

Oleh karena itu, pihaknya sangat berkesan dan bangga, karena banyak budaya budaya kita yang terus disosialisasikan ditengah masyarakat agar lebih mengenal budaya sendiri.

“Dengan mengenal budaya kita, maka masyarakat akan bangga dengan budaya kita sendiri,” ujarnya.

Karna Suswandi berjanji akan terus mengenalkan budaya melalui event karnaval tahunan.

“Tadi kita sampaikan, bahwa kegiatan karnaval budaya dianggarkan dengan baik di masing masing OPD, selain mengenalkan budaya dan masyarakat mengetahui progres pembangunan yang dilakukan OPD,” pungkasnya. (fat)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Masa Jabatan Kades Jadi 8 Tahun, Apdesi Situbondo Gelar Syukuran

13 Juli 2024 - 16:23 WIB

Keroyok Seorang Perempuan, Bapak dan Anak di Situbondo Dipolisikan

12 Juli 2024 - 22:10 WIB

Bawa Sajam Saat Konvoi, Puluhan Anggota PSHT Diamankan

12 Juli 2024 - 17:16 WIB

Warga Usir Truck Tangki Bermuatan Limbah

12 Juli 2024 - 17:11 WIB

Andri Tedjadharma : Bukan Centris Pengemplang BLBI tapi Bank Indonesia Mengemplang Centris !!!

11 Juli 2024 - 20:48 WIB

Gerebek Rumah Warga, Tim Opsnal Polres Situbondo Amankan 348 Botol Miras

11 Juli 2024 - 20:47 WIB

Trending di Daerah