Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 30 Mar 2024 13:17 WIB ·

Perwira Polisi di Kupang Diduga Lakukan Penistaan Agama saat Jum’at Agung


					Perwira Polisi di Kupang Diduga Lakukan Penistaan Agama saat Jum’at Agung Perbesar

Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol. Aldinan Manurung.

 

Kupang, Reportasenews.com – Seorang perwira polisi di Kupang, Nusa Tenggara Timur diduga melakukan penistaan agama saat berlangsung perjamuan dalam perayaan Jumat Agung di Gereja (GMIT) Kota Kupang, Jumat (29/3).

Perwira berinisial Iptu. DH alias Papi Hadjo tersebut bertugas sebagai Kepala Seksi Hukum (Kasikum) di Polresta Kupang Kota.

Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol. Aldinan Manurung yang dikonfirmasi Reportasenews.com, Sabtu (30/3) membenarkan dugaan penodaan agama yang dilakukan anak buahnya.

Menurut Aldinan, Iptu DH telah diamankan dan ditahan diruang tahanan Mapolresta Kupang Kota sejak Jumat malam.

“Sudah kita amankan yang bersangkutan kemarin dan sudah  dilakukan pemeriksaan oleh Propam,” kata Aldinan.

Dijelaskan Aldinan, penyidik Propam Polresta Kupang Kota sudah memanggil dan memeriksa beberapa saksi dari jema’at dan pengurus Gereja Kota Kupang.

“Kita sudah lakukan penindakan secara tegas dan terukur,” tegas Aldinan tanpa menyebutkan ancaman hukuman yang akan dikenakan kepada Iptu DH.

Dia menyebutkan kasus penistaan agama yang dilakukan Iptu. DH saat mengikuti kebaktian perjumuan kudus dalam memperingati Jumat Agung mengambil anggur perjamuan lebih dari satu kali.

“Sudah sempat ditegur oleh pengurus gereja yang membagikan anggur perjamuan, tapi yang bersangkutan malah beradu mulut,” ujarnya.

“Jadi dia ambilnya dua gelas seloki (berisi anggur perjamuan) sekaligus lalu dia minum, terus dia ambil lagi sehingga ditegur karena melanggar tata ibadah dalam prosesi perjamuan, tapi dia (Iptu DH) malah sempat ribut dengan pengurus gereja tersebut,” imbuhnya.

Dijelaskan Aldinan, usai mendapat laporan mengenai peristiwa tersebut, Iptu. DH langsung diamankan oleh Propam Polresta Kupang Kota. Dan juga telah dilakukan koordinasi dengan pihak gereja pada Jumat malam.

Disampaikan Aldinan, Iptu. DH adalah perwira yang ditunjuk untuk melakukan pengawasan dan pengamanan di Gereja GMIT Kota Kupang dalam operasi Samana Santa yang sedang dilaksanakan oleh Polda NTT.

Dan dia juga mengikuti kebaktian perjamuan kudus pada perayaan Jumat Agung di kebaktian ketiga yang berlangsung pada Pukul 19.00 Wita.

Operasi Samana Santa dalam rangka pengamaman perayaan tri hari suci umat Kristiani dalam perayaan Jumat Agung dan Paskah.

Sementara itu Ketua Majelis Sinode Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT), Samuel Pandi yang dikonfirmasi terpisah mengaku belum mendapat laporan tentang kasus penistaan agama yang dilakukan Iptu DH di Gereja Kota Kupang pada kebaktian ketiga perjamuan kudus.

“Belum, saya belum tahu laporan itu. Nanti saya cek dulu,” kata Samuel saat dikonfirmasi Sabtu (30/3.

Informasi yang dihimpun menyebutkan Iptu DH alias Papi Hadjo saat melaksanakan tugas pengamanan dan mengikuti kebaktian perjamuan kudus diduga dalam keadaan mabuk minuman keras. (eba)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 647 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Ini Alasan Bank Centris Selama 20 Tahun Tidak Melakukan Gugatan 

24 April 2024 - 20:38 WIB

MUI Situbondo Tolak Wacana Eks Lokalisasi GS Dirubah Wisata Karaoke

24 April 2024 - 19:55 WIB

Pura-pura Pasang Kelambu, Bapak Cabuli Anak Kandung di Kubu Raya, Ibu Lapor Polisi

24 April 2024 - 16:12 WIB

Diterkam Buaya, Kaki Kanan Ibu RT Putus

24 April 2024 - 16:07 WIB

Unaja Jambi Beri Potongan Biaya Kuliah Mahasiswa Baru

24 April 2024 - 16:02 WIB

KPU Tanjab Timur Buka Pendaftaran PPK Pilkada 2024

24 April 2024 - 14:24 WIB

Trending di Daerah