Menu

Mode Gelap

Daerah · 22 Jun 2023 15:40 WIB ·

Petugas Disnakan Situbondo,Temukan 3 Ekor Kambing Terserang Penyakit Pink Eyes


					Petugas Disnakan Situbondo,Temukan 3 Ekor Kambing Terserang Penyakit Pink Eyes Perbesar

Petugas Disnakan Kabupaten Situbondo, saat memeriksa puluhan kambing.

 

Situbondo, reportasenews.com -Menjelang hari raya idul kurban tahun 2023, petugas Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Situbondo, melakukan pengawasan terhadap sejumlah pengepul hewan kurban di Kota Situbondo, Jawa Timur, Kamis (23/6/2023).

Hasilnya, petugas yang dipimpin Sulistiyani Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Maves pada Kantor Disnakan Pemkab Situbondo, menemukan tiga ekor hewan kurban, yakni tiga ekor kambing terjangkit penyakit pink eyes atau penyakit mata.

Sulistiyani mengatakan, diakui dalam melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah pengepul hewan kurban di Kota Situbondo, pihaknya menemukan tiga ekor kambing terjangkit penyakit pink eyes.

“Bahkan, untuk mengantisipasi penyebaran penyakit pink eye tersebut, kami langsung memberikan pengobatan gratis, dengan cara memberikan salep kepada pemiliknya,”ujar Sulistiyani, Kamis (22/6/2023).

 

Sulistiyani menambahkan, selain memberikan salep dan cairan disinfektan gratis, pihaknya juga meminta kepada pengepul hewan kurban, agar memisahkan hewan kurban yang terjangkit penyakit pink eyes, dengan hewan kurban yang sehat. Mengingat penyakit pink eyes cepat menular.

“Diakui, aging hewan yang terjangkit penyakit mata memang tak membahayakan kesehatan manusia. Namun kami tetap meminta, agar hewan ternak tak dikumpulkan dengan hewan ternak lain agar tak menular,”katanya.

Lebih jauh Sulistiyani menegaskan, menjelang hari raya idul adha pihaknya akan terus memantau peredaran hewan kurban di Situbondo.”Selain itu, petugas peternakan juga akan memantau lokasi penyembelihan hewan ternak, agar daging yang dibagikan ke masyarakat benar-benar aman dikonsumsi,”pungkasnya. (fat)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Hindari Tabrakan, Truck Box Terguling di Jalur Pantura Situbondo

12 Juni 2024 - 21:13 WIB

18 Ruko di Pasar Sambas Terbakar Hebat

12 Juni 2024 - 20:43 WIB

Tak Bayar Uang Sewa 6 Unit Mobil Rental Rp133 juta, Kades Bungatan Situbondo Dipolisikan

12 Juni 2024 - 19:48 WIB

Banting Setir Bakul Wedus Idul Adha, Dulu Wartawan Media Online di Madiun

12 Juni 2024 - 19:44 WIB

Bandar Narkoba Diciduk di Penginapan Mekar Sari

12 Juni 2024 - 18:48 WIB

Satgas Pamtas RI-Malaysia Gagalkan Penyelundupan Sisik Trenggiling

12 Juni 2024 - 18:41 WIB

Trending di Daerah