Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

News Feed · 11 Des 2016 19:59 WIB ·

Piala Aff: Final… Ayo, Timnas Main Total!


					Piala Aff: Final… Ayo, Timnas Main Total! Perbesar

Psikologis Timnas :  Pembuktian Petarung

Kini, Tim Garuda telah memberi bukti!

Apa yang mendasari optimisme penulis sejak Timnas menantang Filipina dan Singapura di laga penentuan fase grup lalu?

Sederhana saja. Biasanya, siapapun yang merasa sudah terlalu lama dipandang sebelah mata oleh lingkungan internal dan eksternalnya pasti menyimpan motivasi yang sungguh besar untuk membuktikan dirinya!

Apalagi jika kesempatan untuk pembuktian itu tersaji di kancah yang lebih besar dan lebih tinggi level maupun gengsinya. Mereka (Timnas) dipastikan akan mengerahkan lebih dari 100 persen kemampuan mereka. Psikologi yang simple sebenarnya.

Faktor pelatih dan staf jelas crucial. Coach Alfred Riedl dan tim stafnya, tentu termasuk Wolfgang Pikal, muncul sebagai sosok yang meyakinkan di mata para pemain. Para pemain menaruh respect karena Coach, Assistant dan staf tim memang credible.

Di kolom ini, awal minggu lalu, penulis membayangkan para pemain bertanding di Stadion My Dinh sebagai petarung dan, ternyata, semua pemain Timnas membuktikannya!

Tapi, jangan terjebak dalam euphoria! Mengapa? Perjuangan Timnas belum tuntas.

Pasukan Coach Alfred Riedl harus mampu mengatasi Thailand dalam dua leg final Piala AFF ini. Leg pertama dilangsungkan di Stadion Pakansari, Bogor, pada Rabu 14 Desember 2016. Sementara leg 2, dimainkan di Bangkok, 17 Desember 2016.

 

Aktualisasi Nasionalisme Berbuah Prestasi

Harus diakui, para atlit negara ini terbukti paling depan dalam soal nasionalisme dan cara mengaktualisasikannya di panggung internasional. Kini, di ajang sepakbola paling bergengsi di Asia Tenggara, Timnas membuktikannya!

Dalam ulasan terdahulu penulis mengungkapkan tentang betapa sepakbola (dan bahasanya) telah menjadi sesuatu yang sangat penting (dan paling bergengsi!) bagi seluruh negara di dunia ini. Tak ada seorangpun bisa membantah ini!

Oleh sebab itu, negara-negara terus berlomba untuk menyiapkan tim nasional sepakbola masing-masing dengan cara yang semaksimal mungkin. Termasuk bangsa-bangsa di Asia Tenggara, tak terkecuali Vietnam dan Thailand yang kini sangat maju sepakbolanya.

Maksud saya, keberhasilan Indonesia mencapai partai puncak Piala AFF 2016 dan menantang Thailand, dalam konteks persaingan dewasa ini, sungguh suatu prestasi yang sangat luar biasa!

Ini mengingat berbagai kendala yang ada sejak awal, utamanya dampak sanksi FIFA dan minimnya waktu persiapan serta support dari para stakeholder bola nasional.

Bayangkan para pemain dengan lambang Garuda di dada mereka bertarung habis-habisan di kandang lawan, tanpa kenal takut terhadap lawan yang lebih superior dalam skills dan teknik. Sejak awal kita pun paham sekali bahwa tim-tim lawan, termasuk Vietnam, unggul dalam stamina tapi Timnas tak kenal menyerah.

Timnas menang dan maju ke final berkat do’a rakyat Indonesia, karena semangat, tekad baja dan nasionalisme!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 56 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Liburan Lebaran, Polres Situbondo Siagakan Kapal Patroli di Wisata Pantai

13 April 2024 - 14:10 WIB

Nelayan Hamili Anak Kandung Dilaporkan ke Polisi

12 April 2024 - 21:05 WIB

Dua Rumah Milik Bapak dan Anak di Situbondo Ludes Terbakar

12 April 2024 - 19:09 WIB

Kapal Klotok Tenggelam di Sungai Kapuas,  Enam Penumpang Selamat

12 April 2024 - 13:19 WIB

Roda Depan Bermasalah, Bus Masuk Saluran Irigasi di Jalur Pantura Situbondo

11 April 2024 - 17:45 WIB

Pria Paruh Baya di Diserang Buaya Saat Mengambil Wudhu di Parit Tanjung Saleh Kubu Raya

11 April 2024 - 15:29 WIB

Trending di Daerah