Menu

Mode Gelap

Daerah · 7 Jun 2024 17:48 WIB ·

Pinjam Motor Nmax, Lalu Pergi ke Pasar Tak Kunjung Kembali


					 Pelaku penggelapan sepeda motor berinisial Ed (46) ditangkap di sebuah bengkel di Mempawah, setelah melarikan sepeda motor milik korbannya warga Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. (foto Humas Polres Kubu Raya) Perbesar

Pelaku penggelapan sepeda motor berinisial Ed (46) ditangkap di sebuah bengkel di Mempawah, setelah melarikan sepeda motor milik korbannya warga Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. (foto Humas Polres Kubu Raya)

Kubu Raya, reportasenews.com – Satuan Reserse Kriminal Polsek Sungai Raya Polres Kubu Raya berhasil menangkap seorang pelaku penggelapan motor dengan modus minjam dulu motornya lalu bawa kabur. Pelaku, berinisial ED (46), warga Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Ia diketahui meminjam motor dari korbannya dengan alasan untuk pergi ke pasar, namun motor tersebut tak kunjung dikembalikan oleh pelaku.

Kasus ini bermula ketika korban melaporkan kehilangan motornya pada Minggu (28/4/2024) lalu. Dalam laporannya, korban menerangkan bahwa ED meminjam motornya dengan alasan hendak pergi ke pasar untuk membeli kebutuhan pokok. Namun setelah hari demi hari ditunggu korban, E tidak kunjung kembalikan motor korban.
Menerima laporan tersebut, Tim Reserse Kriminal Polsek Sungai Raya segera melakukan penyelidikan mendalam. Berdasarkan informasi dari saksi dan hasil penelusuran, polisi berhasil mengidentifikasi keberadaan ED. Dengan di Backup Satreskrim Polsek Tohok dan Polsek Anjongan Polres Mempawah, pelaku akhirnya ditangkap di sebuah bengkel di wilayah Kabupaten Mempawah pada Rabu (5/6/2024).

Kapolsek Sungai Raya, AKP Hariyanto H melalui Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya Aiptu Ade saat di konfirmasi menjelaskan modus operandi pelaku memanfaatkan kebaikan dan kepercayaan dari korban. “Dengan berpura-pura meminjam motor untuk keperluan singkat, pelaku kemudian membawa kabur motor tersebut dengan niat menjualnya,” ujar Aiptu Ade, Jumat (7/6/2024) dalam keterangan tertulisnya.

Dari hasil penyelidikan lebih lanjut, polisi menemukan bahwa ED sudah beberapa kali menawarkan motor tersebut ke beberapa bengkel untuk digadai atau dijual dengan harga di bawah standar, namun selalu di tolak karena motor tersebut bodong (tanpa kelengkapan surat).

” Penangkapan pelaku yang di backup dari Sat Reskrim Polres Tohok dan Polsek Anjongan tersebut, Tim Reserse Kriminal Polsek Sungai Raya berhasil mengamankan satu unit motor Yamaha Nmax warna hitam milik korban yang digelapkan oleh ED beserta kunci kendaraan dan BPKB. ED kini sudah ditahan rutan Polsek Sungai Raya dan dijerat dengan pasal 372 KUHP tentang penggelapan, dengan ancaman hukuman penjara maksimal 4 tahun,” tegas Ade.

Ade juga mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam meminjamkan barang berharga, terutama kepada orang yang baru dikenal. “Selalu pastikan identitas dan keperluan dari orang yang meminjam barang berharga Anda. Jangan ragu untuk menolak jika merasa ada sesuatu yang mencurigakan,” tutupnya. (tim)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

LBH Mitra Santri, Gugat Bupati Karna Suswandi ke PN Situbondo

22 Juni 2024 - 20:25 WIB

Viral di Medsos, Siswa SDN 1 Cottok Juara 1 Kid Atletik O2N Situbondo Gagal ke Provinsi

22 Juni 2024 - 18:51 WIB

Dinilai Tuntutannya Rendah, Kuasa Hukum Korban Ancam Laporkan JPU ke Jamwas

21 Juni 2024 - 18:53 WIB

Satu Jamaah Haji Asal Batanghari Meninggal di Mekkah

21 Juni 2024 - 18:46 WIB

PPDB SMPN 8 Kota Madiun Terima Titipan Siswa, Tolak Peserta Luar Kota?

21 Juni 2024 - 16:38 WIB

Dalam Kasus Bank Centris Kemenkeu Menjadi “Pengecut”

21 Juni 2024 - 15:22 WIB

Trending di Hukum