Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 19 Feb 2024 15:39 WIB ·

Pj. Gubernur Kalbar Lantik Pj. Bupati Sanggau dan Pj. Bupati Kubu Raya


					Pj. Gubernur Kalbar Lantik Pj. Bupati Sanggau dan Pj. Bupati Kubu Raya Perbesar

Pengambil sumpah jabatan pelantikan penjabat Bupati Sanggau dan Bupati Kubu Raya. (foto Adpim Pemprov Kalbar).

 

Pontianak, reportasenews. com – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, melantik Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, dan Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman, selain itu juga dilakukan Pelantikan dan Serah Terima Jabatan untuk Penjabat Ketua TP PKK, Penjabat Ketua Dekranasda dan Pengukuhan Bunda PAUD Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Kubu Raya, yaitu Lusia Suherman dan Ida Nurul Aini Kamaruzzaman, oleh Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari Harisson, bertempat di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Senin (19/2/2024).

Pada kesempatan tersebut Penjabat Gubernur Kalimantan Barat menekankan agar Penjabat Bupati yang dilantik ini untuk senantiasa menjaga Inflasi di daerah yang nanti dipimpinnya.

Inflasi salah satunya dipengaruhi oleh konsumsi masyarakat sebesar 49,6 % , untuk itu kita harus menjaga Konsumsi Masyarakat tertinggi untuk itulah Inflasi harus terus dijaga.

“Kalau harga-harga pada naik maka konsumsi masyarakat akan turun, daya beli akan turun sehingga pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat ini juga akan melambat”, ucapnya.

Dirinya mengungkapkan untuk menjaga inflasi salah satunya dengan memastikan stok, melihat daerah-daerah distribusi, melakukan operasi pasar, Gelar Pangan Murah, atau Memberikan Bantuan-bantuan Sosial, dan melakukan koordinasi dan komunikasi yang efektif dengan Distributor dan tempat – tempat Produksi, agar pasokan – pasokan tetap terjaga.

Orang nomor satu di Kalbar ini juga mengingatkan kepada Seluruh Perangkat Daerah Kabupaten Sanggau maupun Kabupaten Kubu Raya untuk benar-benar mematuhi arahan Penjabat Bupati Sanggau dan Penjabat Bupati Kubu Raya, dengan menjalankan apa yang telah diamanatkan atau yang menjadi Kebijakan-kebijakan Penjabat Bupati Sanggau maupun Penjabat Bupati Kubu Raya.

Harisson menegaskan agar Penjabat Bupati /Walikota untuk melakukan operasi pasar, dan meminta Bulog untuk menggelontorkan beras termasuk beras-beras SPHP, dengan begitu harga beras akan terkoreksi.

Hal ini karena masih adanya Kepala Daerah baik Bupati / Walikota yang tidak menganggarkan Beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah.

Lebih lanjut Harisson mengimbau agar Penjabat Bupati terus Menekan kenaikan harga, dimana kenaikan harga tersebut juga disebabkan oleh situasi dunia yang tidak bisa dihindari, kemudian Menangani permasalahan stunting dalam rangka menyiapkan Generasi Emas di tahun 2045, Menurunkan kemiskinan ekstrem, Menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran, dan Memacu investasi daerah masing-masing, dengan cara mereka harus Mempermudah perizinan.

Sementara itu, di tempat yang sama, Penjabat Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman menjelaskan bahwa sebagaimana latar belakang dirinya yang juga Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Provinsi Kalbar yang menjadi fokus kerja selama ini adalah masalah penanganan Inflasi.

“Untuk itu saya akan mempelajari dan menyesuaikan dengan regulasi yang ada dan prinsipnya adalah bagaimana kita memberikan pelayanan kepada masyarakat terhadap dampak kenaikan inflasi tersebut”, ucap pria yang karib disapa Abi tersebut.

Kemudian sosok yang merupakan Ketua Dewan Pengurus Provinsi Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (DPP IKAPTK) Kalimantan Barat ini mengatakan bahwa dirinya merupakan Putra Asli Kubu Raya.

“Saya kembali ke kampung tentunya akan melakukan yang terbaik karena amanah ini telah diberikan, dan dalam waktu dekat ini akan melakukan konsolidasi internal, melakukan pemetaan, agar dapat melakukan percepatan di berbagai aspek di Kabupaten Kubu Raya. Kubu Raya ini merupakan Kabupaten yang unik dari segi Interline dengan Kota Pontianak dan daerahnya berbasis pulau, dan lebih banyak jalur transportasi sungai yang digunakan. Dan hal itu semua perlu dukungan dari semua pihak terutama jajaran Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, baik dari Jajaran ASN maupun DPRD, dan Tokoh Masyarakat dan Seluruh Masyarakat Kabupaten Kubu Raya untuk bisa bersinergi membangun Kabupaten Kubu Raya secara bersama-sama”, ujarnya.

Selain itu Penjabat Kabupaten Sanggau, Suherman yang sebelumnya merupakan Kasat Pol PP Provinsi Kalbar menjelaskan bahwa dirinya akan berusaha menekan angka Inflasi dan terus menjaga stabilitas harga dengan melakukan Operasi Pasar melibatkan Bulog dan instansi lainnya.

“Kemudian untuk melakukan Pengentasan Kemiskinan Ekstrem dan Stunting di Kabupaten Sanggau, saya akan melakukan Mapping terlebih dahulu baik dari Dinas maupun OPD terkait, sebagaimana yang disampaikan oleh Penjabat Gubernur untuk melakukan Pemberian makanan tambahan yang bergizi di Posyandu dalam rangka Penanganan Stunting”, terangnya.

Sedangkan untuk Operasi Pasar dirinya akan menggali informasi dulu mengenai daerah-daerah mana yang harus dilakukan operasi pasar, dan mencari tahu penyebab Inflasi dari bahan pangan apa saja.

“Untuk Pelaksanaan Pilkada 2024 yang aman dan tertib, Penjabat Bupati Sanggau akan bersinergi dengan teman-teman Forkopimda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Stakeholder yang mempunyai kontribusi keamanan dan ketertiban. Dirinya menjadi Penjabat Bupati dari SK Mendagri paling lama satu tahun, dan dilihat tahapan Pilkada bisa sampai bulan April 2025”. Ungkap Suherman

Pria yang sebelumnya pernah menjadi Kepala Biro Hukum Setda Kalbar ini menuturkan bahwa dirinya berharap bisa diterima di Kabupaten Sanggau walaupun dirinya adalah warga asli Kota Pontianak.

“Secara administrasi Saya ditugaskan di Kabupaten Sanggau lebih kepada Pelayanan kepada masyarakat dan mohon juga masyarakat bisa membantu dan bekerja sama untuk Kemajuan Kabupaten Sanggau”, timpalnya.

Pelantikan Bupati Kabupaten Sanggau dan Penjabat Bupati Kabupaten Kubu Raya serta Penjabat Ketua PKK Kabupaten Sanggau dan Penjabat Ketua PKK Kabupaten Kubu Raya turut dihadiri oleh Pimpinan Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat, Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, Mohammad Bari, S.Sos., M.Si, Penjabat Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kalbar, Forkopimda Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Kubu Raya, Sdr. H. Muda Mahendrawan, SH dan H. Sujiwo, SE, M.Sos (Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya masa jabatan 2019-2024) beserta istri ; Sdr. Drs. Yohanes Ontot, M.Si ( Bupati Sanggau sisa masa Jabatan 2019 -2024) beserta istri; Sdr. Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya, dan Kabupaten Sanggau; Para Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat; Para Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Sanggau.(tim)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Liburan Lebaran, Polres Situbondo Siagakan Kapal Patroli di Wisata Pantai

13 April 2024 - 14:10 WIB

Nelayan Hamili Anak Kandung Dilaporkan ke Polisi

12 April 2024 - 21:05 WIB

Dua Rumah Milik Bapak dan Anak di Situbondo Ludes Terbakar

12 April 2024 - 19:09 WIB

Kapal Klotok Tenggelam di Sungai Kapuas,  Enam Penumpang Selamat

12 April 2024 - 13:19 WIB

Roda Depan Bermasalah, Bus Masuk Saluran Irigasi di Jalur Pantura Situbondo

11 April 2024 - 17:45 WIB

Suasana Sholat Idulfitri di Lapangan Merdeka Terbaru

11 April 2024 - 16:34 WIB

Trending di Daerah