Menu

Mode Gelap

Daerah · 5 Sep 2023 18:49 WIB ·

Polres Kubu Raya Siaga 24 Jam Dalam Upaya Pemadaman Api Karhutla di Kabupaten Kubu Raya


					Polres Kubu Raya Siaga 24 Jam Dalam Upaya Pemadaman Api Karhutla di Kabupaten Kubu Raya Perbesar

Tim gabungan terus melakukan pemadaman dan pendinginan gambut yang terbakar di wilayah kabupaten Kubu Raya agar api tidak cepat merambat. (foto istimewa).

Kubu Raya, reportasenews.com – Api Karhutla melanda di beberapa titik di Kabupaten Kubu Raya. Kondisi ini sangat memprihatinkan.

Namun, petugas Polres Kubu Raya bersama-sama dengan stakeholder terkait tengah berupaya keras untuk mengendalikan dan memadamkan api sampai saat ini, Selasa (5/9/2023).

Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat, S.H., melalui Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya AIPTU Ade mengatakan, Polres Kubu Raya dalam hal ini siaga 24 jam dan melakukan sinergi dengan berbagai pihak, termasuk BPBD, Manggala Agni, TNI, BKO Sat Samapta Polda Kalbar, Brimob Polda Kalbar, Pemadam Kebakaran Kabupaten Kubu Raya, MPA dan masyarakat sekitar.

Dalam hal ini alat berat dan helikopter water bombing juga diturunkan untuk mempercepat proses pemadaman dan upaya memutus mata rantai penyebaran api agar tidak meluas ke area lain.

“Kami Tim Karhutla Polres Kubu Raya siaga 24 jam dalam melakukan upaya pemadaman api Karhutla di Kabupaten Kubu Raya. Selain pemadaman, kami dari Polres Kubu Raya juga berperan aktif dalam pendataan lahan yang terbakar dan melakukan penyelidikan penyebab karhutla ini dan memastikan apakah ada unsur kesengajaan atau kelalaian,” tutur Ade.

“Wilayah sebaran titik Karhutla di Kubu Raya yang saat ini kami upaya pemadaman dan pendinginan bersama stakeholder terkait berada di Kecamatan Sungai Raya yang berada di Desa Madu Sari, Desa Arang Limbung, Limbung, Desa Kuala Dua, Desa Mekar Sari dan Desa Sui Asam, kemudian di Kecamatan Sui Kakap yakni di Desa Punggur Kecil dan Desa Punggur Besar (Parit Toom dan Parit Delima) selanjutnya Kecamatan Rasau Jaya yaitu di Desa Rasau Jaya Umum, Desa Rasau Jaya 3 dan Desa Pematang, ” terang Ade.

Selain itu kata Ade, Petugas Kepolisian juga mengedukasi masyarakat sekitar tentang bahaya dan dampak dari Karhutla, yaitu dampak kesehatan, transportasi dan perekonomian serta rusaknya ekosistem.

“Kami berharap kepada masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar, kita ketahui bersama saat ini kualitas udara di kubu raya semakin tidak sehat, kami dari Polres Kubu Raya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan pencegahan karhutla di Kabupaten Kubu Raya yang kita cintai ini,” ungkapnya.

” Pencegahan kebakaran hutan dan lahan ini adalah tanggung jawab kita bersama, ingat kita menghirup udara yang sama dan bernafas di udara yang sama,” tutup Ade.

Sementara Satgas Darat BPBD Provinsi Kalbar dipimpin oleh Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Judan melaksanakan pemadaman di Kubu Raya yaitu :
1. Area SMA Negeri 4 KKR
2. Parit Paeran
4. Parit Haji Muksin 2.

Dilapangan operasi dilaksanakan bersama TNI, Polri, BPBD KKR dan Manggala Agni.

Karena dampak asap ini sudah dirasakan seluruh masyarakat, kesehatan mulai terganggu dan aktifitas mulai terganggu, Pemerintah Provinsi Kalbar mengajak hentikan pembakaran lahan, Hindari mengolah, membersihkan lahan perkebunan dan pertanian dengan cara membakar.

Potensi untuk hujan sangat rendah meskipun kita sudah berupaya melakukan TMC sejak tanggal 23 Agustus sampai 2 September 2023. Dan TMC adalah sebuah ikhtiar untuk mempercepat gerakan terjadinya hujan diawan yang aktif.

Masyarakat sudah mulai kesulitan mendapatkan air bersih dibeberapa kabupaten. (tim)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Polda Kalsel Ungkap 14 Kasus Tambang Ilegal Dalam Operasi Peti Intan 2024

17 Juli 2024 - 16:27 WIB

Kapolri Pastikan Hasil Pengusutan Kasus Vina Cirebon akan Disampaikan Secara Transparan

17 Juli 2024 - 16:04 WIB

Satgas Pamtas RI Gagalkan Penyeludupan 35,9 Kilogram Sabu dan 35 Ribu Butir Pil Ekstasi di Sambas-Pontianak

17 Juli 2024 - 15:38 WIB

Usai Dilantik, AKBP Rezi Dharmawan Resmi Jabat Kapolres Situbondo

17 Juli 2024 - 15:06 WIB

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Pejabat Pemprov Jambi di Tes Urine Secara Mendadak

17 Juli 2024 - 14:52 WIB

Perampok Bersenjata Beraksi, Gasak Sejumlah Uang dan Barang Konter HP di Tanjab Barat

17 Juli 2024 - 14:08 WIB

Trending di Daerah