Menu

Mode Gelap

Hukum · 17 Des 2023 13:04 WIB ·

PPATK Laporkan  Temuan Dana Kampenye dari Tambang Ilegal ke Bawaslu


					PPATK Laporkan  Temuan Dana Kampenye dari Tambang Ilegal ke Bawaslu Perbesar

Kepala PPATK Ivan Yustiavandana. (foto: istimewa)

 

Jakarta, reportasenews.com – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengungkap temuan  adanya dana kampanye pemilu 2024 yang mengalir dari tambang ilegal.

“Waktu itu pernah kita sampaikan indikasi dari illegal mining (tambang ilegal), dari macam-macam lah,” kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana, dikutip dari detikfinance, Jumat (15/12).

Ivan mengatakan temuan PPATK itu sudah dilaporkan kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

PPATK menegaskan,  kontestasi politik tak seharusnya beradu kekuatan uang, apalagi dari tambang ilegal. Ivan menyebut pesta demokrasi ini seharusnya diwarnai dengan adu gagasan serta visi misi para peserta.

“Prinsipnya kita ingin kontestasi politik dilakukan adunya visi dan misi, bukan adu kekuatan uang. Apalagi ada keterlibatan dana dari hasil ilegal, itu kita tidak mau,” tegas Ivan.

Ia mengatakan jumlah transaksi mencurigakan yang diendus PPATK terkait pemilu diperkirakan menyentuh triliunan rupiah. Kendati, Ivan tak merinci berapa nominal pasti pelanggaran tersebut.

Dirinya hanya memastikan PPATK akan terus memonitor aliran uang dalam pemilu. Ivan menyebut langkah ini sama seperti yang dilakukan pada pemilu sebelumnya.

“Ada (politik uang). Bukan indikasi kasus, tapi kita menemukan memang peningkatan yang masif dari transaksi keuangan mencurigakan. Terkait dengan pihak-pihak yang kontestasi, yang kita dapatkan kan daftar calon tetap (DCT),” tuturnya.

“Ya memang keinginan Komisi III (DPR RI), PPATK bisa potret semuanya. Kita lakukan sesuai kewenangan. (Mengawasi) itu memang sudah tugas PPATK sejak (pemilu) 2014, 2019, dan sekarang (2024) kita lakukan itu,” tandas Ivan. (bud)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Polda Kalsel Ungkap 14 Kasus Tambang Ilegal Dalam Operasi Peti Intan 2024

17 Juli 2024 - 16:27 WIB

Kapolri Pastikan Hasil Pengusutan Kasus Vina Cirebon akan Disampaikan Secara Transparan

17 Juli 2024 - 16:04 WIB

Satgas Pamtas RI Gagalkan Penyeludupan 35,9 Kilogram Sabu dan 35 Ribu Butir Pil Ekstasi di Sambas-Pontianak

17 Juli 2024 - 15:38 WIB

Usai Dilantik, AKBP Rezi Dharmawan Resmi Jabat Kapolres Situbondo

17 Juli 2024 - 15:06 WIB

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Pejabat Pemprov Jambi di Tes Urine Secara Mendadak

17 Juli 2024 - 14:52 WIB

Perampok Bersenjata Beraksi, Gasak Sejumlah Uang dan Barang Konter HP di Tanjab Barat

17 Juli 2024 - 14:08 WIB

Trending di Daerah