Menu

Mode Gelap

Nasional · 25 Jan 2018 15:46 WIB ·

Presiden Jokowi Bertemu Menhan AS, Tingkatkan Kerjasama Produksi Alat Ketahanan


					Presiden Jokowi Bertemu Menhan AS, Tingkatkan Kerjasama Produksi Alat Ketahanan Perbesar

Jakarta, reportasenews.com – Presiden JJokowi berharap kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) James Mattis dapat menjadi momentum untuk mewujudkan kemitraan strategis antara Indonesia dan Amerika Serikat.

“Saya harap kunjungan Yang Mulia menjadi momentum penting untuk mewujudkan Strategic Partnership Indonesia-Amerika Serikat demi mengatasi berbagai permasalahan regional dan global,” kata Presiden Jokowi saat menerima kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan AS James Mattis, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (23/1) siang.

Menurut Presiden, Amerika Serikat merupakan mitra penting teknologi pertahanan Indonesia. Karena itu, ia menekankan pentingnya kerja sama antar kedua negara di bidang produksi alat pertahanan.

“Kemitraan ini harus dibarengi kerja sama alih teknologi, dan jika memungkinkan produksi bersama atau joint production,” ujar Presiden.

Presiden juga mengharapkan kerja sama antara Indonesia-AS dalam mengembangkan arsitektur di kawasan Indo-Pasifik yang bertujuan mewujudkan kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera.

“Arsitektur ini hendaknya dibangun berdasar rasa saling percaya, keinginan untuk bekerja sama, terbuka, dan inklusif,” tutur Presiden.

Terkait isu Palestina, Presiden Jokowi mengharapkan agar solusi dua negara tetap menjadi solusi prioritas. “Status quo Yerusalem harus dipertahankan dan diputuskan dalam solusi permanen yang disepakati ke dua belah pihak,” kata Presiden menekankan.

Sementara itu Menteri Pertahanan AS James Mattis menyambut baik upaya Indonesia untuk meningkatkan kerja sama kedua negara. “Kami juga mendukung penuh peranan Indonesia di kawasan,” ucapnya.

Mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir. (*)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Mantan Kabid Prasarana Distan Kabulaten Merangin Jadi Tersangka Korupsi Bansos

19 Juli 2024 - 16:08 WIB

Tiga Desa di Tanjab Barat Jadi Percontohan Desa Anti Korupsi

19 Juli 2024 - 15:43 WIB

Buntut Ikut Temui Presiden Israel, Bupati Kudus Pecat Staf Khususnya

18 Juli 2024 - 14:28 WIB

Polres Sarolangun Musnahkan 2 Kilogram Narkotika Jenis Sabu

18 Juli 2024 - 14:04 WIB

4 ASN Terafiliasi Jaringan Teroris, Kesbangpol Tanjabbar Minta Masyarakat Segera Lapor Bila Temukan Aliran Tak Wajar

18 Juli 2024 - 13:45 WIB

Mesin Perahun Mati, Nelayan Situbondo Terombang-ambing di Perairan Madura

18 Juli 2024 - 11:44 WIB

Trending di Daerah