Menu

Mode Gelap

Nasional · 31 Okt 2016 14:49 WIB ·

Puding, Pastel, Perkedel Berbahan Ketela


					Salah satu makanan berbahan ketela dalam festival makanan tradisioal Perbesar

Salah satu makanan berbahan ketela dalam festival makanan tradisioal

BANYUMAS, REPORTASE – Urusan memasak dan mengolah makanan memang jagonya para ibu ibu, tak heran dari tangannya bahan  makanan mampu diolah menjadi makanan yang menarik dan unik.

Di Banyumas, Jawa Tegah, festival makanan berbahan dasar ketela digelar untuk mengenalkan makanan olahan berbahan dasar ketela serta pemanis gula kristal.

Kegiatan yang diikuti 30 pelaku usaha kecil menengah, UKM dengan tema memasyarakatkan makanan tradisional ini bertujuan untuk meningkatkan kreasi dalam pengolah makanan.

Dalam festival ini, beragam bentuk makanan olahan bahan dasar ketela dipamerkan, mulai dari puding, pastel, perkedel,  tahu gulung, rolade tahu bayam, sop puding tahu tropis dan masih banyak lagi yang lainnya.

Makanan olahan ini menjadi menarik karena selain bentuknya juga karena cita rasanya yang alami.

Diharapkan dengan digelarnya festival makanan olahan ini, para pelaku UKM lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan aneka makanan berbahan lokal dan yang pening tidak menggunakan bahan berbahaya, sehingga aman dikonsumsi.

“festival makanan ini digelar untuk memotivasi masyarakat dalam mengolah bahan makanan berbahan baku ketela serta pemanis gula kristal yang sehat dan bergizi. Dengan berbagai macam makanan olahan ini diharapkan tidak hanya sebagai camilan, melainkan sebagai makanan yang bisa dikonsumsi sehari hari”, ujar Waryoko, salah satu panitia.

Selain lomba, panitia juga menggelar pameran makanan yang di produksi para pelaku UKM. Ada  sekitar 26 stan turut serta dalam pameran ini. Kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun ke 8 PMKM Kecamatan Cilongok yang diikuti oleh pelaku UKM di wilayah tersebut.(kus)

 

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Sah, Sutarmidji – Ria Norsan Bersama Lanjutkan!

19 Mei 2024 - 13:02 WIB

Penambangan Emas Ilegal di Jambi Diduga Libatkan Aparat Desa dan Polisi

19 Mei 2024 - 12:21 WIB

Hati-Hati dengan Iming-Iming Keuntungan Investasi Fantastis

19 Mei 2024 - 12:12 WIB

Peragakan 39 Adegan Detik-Detik Pembunuhan mantan Istrinya, Pelaku Merasa Menyesal

18 Mei 2024 - 18:34 WIB

Gubernur Al Haris Lantik Anggota KPID Provinsi Jambi

17 Mei 2024 - 15:04 WIB

Kemenag Siapkan Rumah Ramah Bagi 818 Calon Jamaah Haji Lansia Asal Jambi

17 Mei 2024 - 14:36 WIB

Trending di Daerah