Menu

Mode Gelap
Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak Mulai Padat

Daerah · 13 Mar 2024 16:26 WIB ·

Puluhan Hektar Tanaman Padi Terendam Banjir di Situbondo


					Puluhan Hektar Tanaman Padi Terendam Banjir di Situbondo Perbesar

Puluhan tanaman padi terendam banjir di Kecamatan Kapongan, Situbondo.

 

Situbondo, reportasenews.com – Sebanyak 46 hektar tanaman padi pada tiga desa di Kecamatan Kapongan, Situbondo, yakni Desa Kapongan, Landangan dan Desa Wonokoyo terendam air, akibat meluapnya sungai di sebelah selatan PT PMMP Situbondo, karena tidak dapat menampung tingginya debet air hujan.

Selain mengakibatkan tanaman padi siap panen tergenang air, namun meluapnya air sungai jembatan besi juga menggenangi ruas jalan Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, dengan ketinggian air mencapai 80 centimeter.

Akibat ruas jalan sepanjang satu kilometer yang menghubungkan antara Desa Wonokoyo dengan Desa Landangan tergenang air, ratusan Kepala Keluarga (KK) warga Desa Wonokoyo, Kecamatan Kapongan terancam terisolir.

“Karena ketinggian air mencapai 80 centimeter, sehingga warga tidak berani untuk melintas. Sebab, jika dipaksakan sepeda motor dipastikan akan mati mesin,”ujar Misyono, salah seorang warga Desa Wonokoyo, Rabu (13/3/2024).

Sementara itu, H Fathol, salah seorang petani asal Dusun Pathek, Desa Wonokoyo, Kecamatan Kapongan, Situbondo mengatakan, karena setiap musim hujan puluhan hektar tanaman padi menjadi langganan banjir, akibat meluapnya air sungai jembatan besi.

“Oleh karena itu, saya minta kepada dinas terkait di Pemkab Situbondo mengangani secara serius masalah banjir, akibat meluapnya sungai di selatan kantor PT PMMP Situbondo,”ujar H Fathol.

H Fathol menjelaskan, karena sebagian tanaman padi yang terendam banjir itu, diketahui sudah siap untuk panen, dan sebagian tanaman padi masih berusia 15 hari.

“Makanya, jika puluhan hektar tanaman padi terus terendam banjir, para petani terancam akan mengalami gagal panen,”pungkasnya. (fat)

Komentar
Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Menpan RB: Rekrutmen CPNS dan PPPK Harus Rampung Tahun 2024

22 April 2024 - 20:38 WIB

Pasangan Anak Punk yang Mesum di Alun-alun Kota Situbondo Diamankan Satpol PP

22 April 2024 - 20:33 WIB

Gelapkan Sepeda Motor Polisi, Dua Tersangka Dijebloskan ke Penjara

22 April 2024 - 19:26 WIB

Penyakit DBD Mewabah, Rumah Sakit di Situbondo Dipenuhi Pasien

22 April 2024 - 18:46 WIB

Aksi Perampokan di Jalan Niaso Muaro Jambi Viral di Medsos

22 April 2024 - 17:30 WIB

Pemkab Sarolangun Sebut Berhasil Turunkan Angka Pengangguran 

22 April 2024 - 17:03 WIB

Trending di Daerah