Menu

Mode Gelap

Daerah · 17 Apr 2018 22:40 WIB ·

Puluhan Tahun Tak ada Listrik, Tiga Dusun Desa Alasbayur Akan Dapat Aliran Listrik


					Salah satu dusun di Desa Alasbayur yang segera dialiri listrik oleh Pemkab Situbondo. (foto:fat) Perbesar

Salah satu dusun di Desa Alasbayur yang segera dialiri listrik oleh Pemkab Situbondo. (foto:fat)

Situbondo,reportasenews.com – Ratusan Kepala Keluarga (KK) yang tersebar pada tiga dusun di Desa Alasbayur, Kecamatan Mlandingan,  Kabupaten Situbondo,  pada akhir tahun 2018 ini,  mereka akan menikmati aliran  listrik.

Bahkan, untuk merealisasikan aliran  listrik masuk   desa tersebut, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto bersama petugas PLN Situbondo langsung meninjau lokasi Desa Alasbayur, Kecamatan Mlandingan.

Usai meninjau lokasi, Bupati Situbondo  Dadang Wigiarto mengatakan, untuk kepentingan tersebut, Pemkab Situbondo  sudah berkoordinasi dengan PLN. “Tahun   2018 ini, aliran listrik akan terealisasi di Desa Alasbayur,” kata Bupati Dadang Wigiarto, Selasa (17/40.

Menurutnya,  rencana penyediaan aliran listrik di Desa Alasbayur  tersebut,  saat ini sudah dipasangi tiang listrik  pada  tiga dusun di  Desa Alasbayur yang diketahui berbatasan langsung dengan Kabupaten Bondowoso. Oleh karena itu, bupati memperkirakan, persiapannya sudah mencapai 80 persen. “Karena tinggal  memasukkan jaringan listriknya saja,” kata Dadang.

Bupati Dadang menegaskan, sebetulnya, Pemkab Situbondo sudah menyediakan aliran listrik di tempat itu sekitar tiga tahun yang lalu. Akan tetapi bukan dari PLN. “Melainkan listrik tenaga hydro melalui kincir,”beber Bupati  Dadang.

Akan tetapi listrik tenaga hydro itu belum cukup untuk dialiri kepada seluruh warga desa yang dihuni sekitar 600 kepala keluarga itu. “Kapasitasnya sangat terbatas. Hanya bisa dinikmati sekitar 180 warga saja,” tambah Dadang.

Dadang mengaku, dengan akan dimasukkannya aliran listrik di Desa Alasbayur, maka semakin sedikit  daerah-daerah pegunungan yang tidak menikmati jaringan listrik. Saat ini, sudah 90 persen daerah di Situbondo, diketahui  sudah mendapatkan jaringan listrik.

Untuk jaringan listrik di tempat-tempat terpencil, bupati menargetkan teraliri 95 persen pada tahun 2019 nanti. Kemudian di tahun 2021, tidak ada lagi dusun yang tidak memakai listrik. “Oleh karena itu, saya menarjetkan,  pada tahun 2021  seluruh dusun di Kabupaten Situbondo akan teraliri listrik,”janji Bupati Dadang.

Sementara itu, Hartono, selaku  Kades Alasbayur,  mengaku sangat senang  dengan akan dimasukkannnya aliran listrik di desanya.  Karena  hal tersebut sudah cukup lama diinginkan oleh warganya. “Dengan listrik masuk ke desanya, kami seperti merasakan kemerdakaan. Sebab, sekitar  73 tahun lebih warganya hidup tanpa listrik,” katanya.

Menurutnya,  di   Desa Alasbayur terdiri dari enam dari jumlah  empat  dusun, baru satu dusun yang dapat  menikmati aliran listrik.”Oleh karena itu, kami   menyambut baik terobosan yang dilakukan Bupati Situbondo, karena pada tahun ini, ratusan KK yang tersebar pada tiga dusun juga akan menikmati aliran listrik,”pungkasnya.(fat)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

LBH Mitra Santri, Gugat Bupati Karna Suswandi ke PN Situbondo

22 Juni 2024 - 20:25 WIB

Viral di Medsos, Siswa SDN 1 Cottok Juara 1 Kid Atletik O2N Situbondo Gagal ke Provinsi

22 Juni 2024 - 18:51 WIB

Dinilai Tuntutannya Rendah, Kuasa Hukum Korban Ancam Laporkan JPU ke Jamwas

21 Juni 2024 - 18:53 WIB

Satu Jamaah Haji Asal Batanghari Meninggal di Mekkah

21 Juni 2024 - 18:46 WIB

PPDB SMPN 8 Kota Madiun Terima Titipan Siswa, Tolak Peserta Luar Kota?

21 Juni 2024 - 16:38 WIB

Pengemudi Mobil Xenia Tertimpa Truck Tebu di Situbondo Selamat

21 Juni 2024 - 13:43 WIB

Trending di Daerah