Search

Raih Penghargaan IGA, Pemkab Situbondo Bakal dapat Kucuran Dana Insentif Daerah

Staf Ahli Sugeng Yuwono, saat menerima piagam penghargaan tingkat Nasional IGA dari Kemendagri RI Tahun 2020. (fat)



Situbondo,reportasenews.com – Kembali, Pemerintahan almarhum Bupati Situbondo Dadang Wigiarto dan Wakil Bupati Yoyok Mulyadi,  meraih penghargaan  ditingkat Nasional.

Kali ini, Pemkab Situbondo mendapat penghargaan sebagai kabupaten terinovatif atau  Innovative Government Award  (IGA) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI tahun 2020.

Sedangkan penyerahan piagam penghargaan IGA Tahun 2020  dari Kemendagri RI Tahun 2020 itu, diserahkan langsung Mendagri RI Muhammad  Tito Karnavian kepada Sugeng Yuwono,  Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan  Politik Pemkab Situbondo.

Sugeng Yuwono mengatakan, Kemdagri RI menetapkan Pemkab  Situbondo sebagai salah satu Kabupaten Innovative Government Award (IGA) tahun 2020.”Sehingga dengan penghargaan IGA Tahun 2020  ini, Pemkab Situbondo akan menerima kucuran dana intensif daerah,” ujar Sugeng Yuwono, Sabtu (19/12/2020).

Menurutnya,  dalam sambutannya, Mendagri  RI Muhammad Tito Karnavian mengatakan,  ada  sepuluh kabupaten terinovatif adalah kabupaten yang selalu terampil dalam mengharmonisasikan aturan antara garis kebijakan pemerintah pusat, dengan inisiatif daerah. 

“Dengan demikian, maka ada efek dari inisiatif daerah yang selalu selaras dengan kebijakan dari Pemerintah Pusat. Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020 diberikan kepada sejumlah pemerintah daerah yang dinilai Terinovatif dan Sangat Inovatif di Indonesia,” ujar Sugeng Yuwono.

Sugeng Yuwono menambahkan, piagam penghargaan IGA Tahun 2020 ini, diserahkan  langsung Mendagri RI Muhammad Tito Karnavian, pada malam puncak IGA, di The Sultan Hotel and Residence, Jumat (18/12/2020) malam, dengan mengikuti Protokol Kesehatan PSBB Pandemi Covid-19, secara ketat.

 “Kegiatan tahunan ini, merupakan bentuk penilaian dan apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah,  dalam penyelengaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif. Selain menerima penghargaan, pemerintah daerah terinovatif juga mendapatkan dana insentif daerah,”pungkasnya. 

Adapun urutan dan  kategori Kabupaten terinovatif di Indonesia, penerima penghargaan IGA dari Kemendari RI Tahun 2020. Masing-masing  Kabupaten Situbondo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Bogor, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Sumenep. (fat)




Loading Facebook Comments ...