Search

Ratusan Karyawan PG di Situbondo Datangi Kantor DPRD

Ratusan karyawan PG Panji dan Olean, Situbondo, saat melakukan aksi demo di Kantor DPRD Situbondo. (foto:fat)
Situbondo,reportasenews.com – Ratusan karyawan tiga  pabrik gula (PG) di Situbondo, yakni karyawan PG Panji, PG Wringinanom, dan PG Olean, mendatangi Kantor DPRD Situbondo, mereka mengadukan nasibnya kepada para wakil rakyatnya, Jumat (14/6/2019).
Pasalnya, hingga kini, untuk musim giling tahun 2019 ini,  tiga Pabrik Gula (PG) di Kota Situbondo itu  belum giling, dengan alasan yang tidak jelas. Padahal, pada musim giling tahun 2018 lalu, tiga Pabrik Gula (PG) sudah mulai menggiling tebu milik para petani.
“Kami dan para pengurus APTR Situbondo,   terpaksa mengadukan tiga PG kepada para anggota DPRD Situbondo, untuk menanyakan nasib para karyawan tiga PG,  karena sejak Januari hingga pertengahan Juni 2019 tidak bekerja, dengan alasan yang tidak jelas,”kata Eko Hariyanto, salah seorang karyawan PG Olean, Situbondo, Jumat (14/6/2019).
Pantauan Reportasenews.com dilapangan, ratusan karyawan PG di Situbondo datang Kantor DPRD setempat sekitar pukul 14.00 WIBN, mereka langsung memajang poster berukuran besar, yang menolak BKO atau standby Pabrik Gula BUMN.
Para karyawan PG Situbondo juga membentangkan poster yang berbunyi.”Kami menginginkan Pabrik Gula Olean tetap giling selamanya,”Usai membentangkan poster dan berorasi, perwakilan karyawan PG dan perwakilan APTR Situbondo, mereka langsung diterima para anggota DPRD Situbondo.
Selain itu, para perwakilan karyawan tiga PG Situbondo, dan sejumlah ketua APTR di Kabupaten Situbondo, mereka juga ditemui empat General Manager (GM) empat PG di Situbondo. Bahkan, mereka juga  ditemui  jajaran direksi dari  PT Perkebunan Nusantara XII.
Salah seorang perwakilan direksi PT Perkebunan Nusantara XII Daniyanto mengatakan, jika hasil rapat pada hari ini akan disampaikan langsung kepada pimpinan direksi  di Surabaya. Selain itu,  untuk menentukan tiga PG di Situbondo mulai giling,  pihaknya juga masih melakukan evaluasi.
“Kami tidak bisa menentukan hari ini, karena kami masih akan melaporkan kepada pimpinan jajaran direksi di Surabaya, karena jika paksakan untuk giling, bahan bakunya masih kurang sekitar 500 ton pada dua PG, yakni PG Panji, dan PG Olean,”kata Daniyanto.
Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Situbondo Hadi Prayitno mengatakan, pada prinsipnya para GM pada tiga PG di Situbondo, mereka menyatakan siap untuk mulai giling pada musim giling tahun 2019 ini. Bahkan, PG Wringinanom akan mulai giling pada Sabtu 15 Juni 2019.
“Namun, kusus  untuk PG Panji dan PG Olean, keduanya masih menunggu persetujuan dari direksi untuk mulai giling, saya berharap dalam tiga hari ini, dua PG tersebut mulai giling, karena bahan baku  kedua PG itu mendapat support dari APTR dan para petani,”kata Hadi Prayitno.(fat)



Loading Facebook Comments ...