Menu

Mode Gelap

Daerah · 19 Apr 2024 20:19 WIB ·

Ratusan Santri Asal Pulau Raas Madura, Mulai Kembali ke Ponpes Situbondo


					Ratusan Santri Asal Pulau Raas Madura, Mulai Kembali ke Ponpes Situbondo Perbesar

Ratusan santri Ponpes Wali Songo, saat tiba di pelabuhan penyeberangan, Jangkar, Situbondo.

 

Situbondo, reportasenews.com – Ratusan santri asal Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura mulai kembali Pondok Pesantren (Ponpes) Wali Songo, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Situbondo, seiring dengan mulai beraktivitasnya pembelajaran di Ponpes.

Dengan mengikuti arus balik lebaran gratis, sebanyak 307 santri Ponpes Wali Songo tiba di pelabuhan Jangkar, Situbondo sekitar pukul 16.00 WIB, dengan menggunakan Kapal Feri Bimasakti Utama, yakni kapal bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kememhub) RI.

“Alhamdulillah, setelah menempuh perjalanan sekitar lima jam, saya dan sejumlah santri Ponpes Wali Songo tiba di pelabuhan penyebarangan Jangkar, setelah pulang kampung ke Pulau Raas,”ujar Rani (16), salah seorang santriwati Ponpes Wali Songo, Situbondo, Jumat (19/4/2024).

Menurut dia, karena kapal feri Bimasakti Utama bantuan dari Kemenhub RI sangat bermanfaat bagi warga kepulauan di Pulau Madura, seperti dirinya dari pulau Raas. Oleh karena itu, pihaknya berharap untuk lebaran tahun depan ada lagi program mudik lebaran dan balik gratis.

“Saya mewakili para santri dan warga pulau Raas Madura, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, yakni Kemenhub RI yang telah memberikan bantuan dalam program mudik lebaran dan balik gratis, karena kapal feri tersebut sangat bermanfaat,”harap Rani.

Sementara itu, Herlan Aprilyanto, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Panarukan, Situbondo, Jawa Timur mengatakan, untuk hari ini (jumat red-) merupakan arus balik gratis pertama kapal bantuan dari Kemenhub RI dari Pulau Raas Madura ke pelabuhan penyeberangan Jangkar, Situbondo.

“Arus balik gratis pertama bantuan dari Kemenhub RI, membawa sebanyak 307 penumpang dari Pulau Raas, Madura. Rinciannya, sebanyak 270 santri, sedangkan sebanyak 37 penumpang pengurus ponpes dan wali santri,”ujar Herlan Aprilyanto, Jumat (19/4/2024).

Menurutnya, usai membawa ratusan santri dari Pulau Raas, kapal feri Bimasakti langsung bertolak ke pulau Sepudi, Sumenep Madura, karena besok (Sabtu red-) kapal bantuan Kemenhub RI akan membawa sebanyak 275 santri wali songo ke pelabuhan penyeberangan Jangkar, Situbondo. Selanjutnya, kapal feri Bimasakti Utama kembali pangkalan di pelabuhan tanjung perak Surabaya.

“Mengingat besok (Sabtu red-) 20 April 2024, merupakan puncak dan trek terakhir kapal bantuan yang sifatnya gratis program Kemenhub RI,”pungkasnya. (fat)

Komentar

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Gubernur Al Haris Lantik Anggota KPID Provinsi Jambi

17 Mei 2024 - 15:04 WIB

Kemenag Siapkan Rumah Ramah Bagi 818 Calon Jamaah Haji Lansia Asal Jambi

17 Mei 2024 - 14:36 WIB

Kepada Siswa Lemhanas, Irjen (Purn) Ike Edwin Sebut Pendekatan Budaya Kunci Cegah Korupsi

17 Mei 2024 - 14:10 WIB

Tersandung Kasus Narkoba, Pria Asal Bungo Terpaksa Menikah di Dikantor Polisi

16 Mei 2024 - 19:02 WIB

85 Anggota PPK Pilkada Situbondo Resmi Dilantik, Ini Pesan Ketua KPU

16 Mei 2024 - 17:31 WIB

85 Anggota PPK Pilkada Brebes 2024 Dilantik

16 Mei 2024 - 17:24 WIB

Trending di Daerah